nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Pria yang Berkeliling Indonesia Cari Keadilan bagi Almarhum Anak

Oris Riswan, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2016 03:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 10 525 1384105 cerita-pria-yang-berkeliling-indonesia-cari-keadilan-bagi-almarhum-anak-0xpjCEHYxz.jpg

BANDUNG - Indra Azwan melakukan aksi jalan kaki keliling Indonesia sejak 9 Februari 2016. Ia sudah mendatangi berbagai provinsi di Indonesia untuk mencari keadilan bagi putranya, Almarhum Rifki Andika.

Sang anak merupakan korban tabrak lari pada 8 Februari 1993 oleh polisi bernama Kompol Joko Sumantri. Ia menjalankan aksi jalan kaki itu demi menuntut keadilan kasus pengusutan kematian anaknya yang menggantung sampai sekarang.

Bagi Indra, bukan hal mudah melakukan aksi nekat tersebut. Ia bahkan mengakatan pernah pingsan saat menjalankan aksinya di Medan.

"Karena hawa panas, saat itu tempatnya jauh dari pemukiman penduduk, saya sudah tidak kuat, saya berusaha berjalan sampai ke dekat pemukiman ternyata tidak kuat dan pingsan," katanya saat ditemui di Kantor Lembaga Bantuan Hukum, Jalan Sidomulyo, Kota Bandung, Senin (9/5/2016).

Saat itu, ia tidak sadar selama beberapa waktu. Indra baru tersadar di rumah sakit setempat setelah dibawa oleh penduduk sekitar.

"Pas sadar sudah di rumah sakit, dokter bilang kena cacar air, sebelum pingsan saya ingat pemukiman penduduk masih jauh, puluhan kilometer," ucapnya.

Indra mengatakan, dirinya memang sering melewati hambatan dalam aksinya keliling Indonesia, terutama saat melewati jalur hutan. "Yang jadi kendala saat berada di hutan yang masih banyak babi hutannya, untungnya saya bawa tongkat dari Malang buat ngusir hewan tersebut," ujarnya.

Seringkali Indra juga banyak menemukan gangguan saat berjalan kaki seperti ular dan bahkan makhluk gaib. "Untungnya masih kuat-kuat saja menghadapinya, tapi kalau waktu sudah malam saya segera cepat-cepat menemukan tempat istirahat seperti SPBU atau tempat lainnya," ucap Indra. (day)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini