Share

Pameran Akik Banten Hadirkan Batu Kalimaya Seharga Rp500 Juta

Iqbal Multatuli, Okezone · Rabu 18 Mei 2016 01:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 17 340 1391083 pameran-akik-banten-hadirkan-batu-kalimaya-seharga-rp500-juta-N9nOY4fMCT.jpg Pameran batu kalimaya (foto: Iqbal/Okezone)

SERANG - Guna mengangkat kembali pamor batu akik yang sudah meredup. Batu akik asli Banten yakni Kalimaya seharga Rp500 juta dipamerkan dalam pagelaran kontes batu Kalimaya yang berlangsung di Taman Sari, Kota Serang.

"Ada 55 stand batu, 10 di antaranya Kalimaya. Ada penjualan batu Kalimaya senilai Rp500 juta. Untuk mengangkat kembali harkat martabat dan harga batu yang kini tengah lesu,” kata Yahya, ketua panitia pameran batu Kalimaya, saat ditemui di lokasi, Selasa, (17/5/2016).

Acara yang berlangsung sejak 17-22 Mei 2016 ini digelar sejak pagi hingga malam hari dengan menampilkan berbagai hiburan bagi pengunjung dan masyarakat umum secara gratis.

Kepala Dinas Perindutrian, Perdagangan, dan Koperasi Kata Serang, Ahmad Benbela mengatakan penggemar batu Kalimaya sampai saat ini masih banyak dan transaksi penjualannya pun masih tinggi.

“Bahwa penggemar batu Kalimaya sampai hari ini masih begitu banyak, bahkan transaksi tertingginya masih ada yang mau beli dengan harga Rp500 juta. Tapi transaksi seharga Rp5 juta hingga Rp10 juta umumnya yang terjadi. Tapi intinya, Kalimaya asal Banten itu sudah terkenal di seantero dunia,” katanya.

Menurutnya, pameran batu akik Kalimaya ini diharapkan dapat meningkatkan kembali ‘pamor’ batu asal Kabupaten Lebak, Banten tersebut.

“Boomingnya tidak lama, kurang dari satu tahun. Jadinya pedagang berserakan, pedagang batu asal Garut dan Rangkasbitung sampai saat ini masih bertahan,” tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini