AS Kembalikan 200 Artefak Bersejarah Senilai Rp1.3 Triliun ke India

Ahmad Taufik , Okezone · Selasa 07 Juni 2016 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 07 18 1408365 as-kembalikan-200-artefak-bersejarah-senilai-rp1-3-triliun-ke-india-T2HvbDuI5t.jpg Artefak langka milik India (Foto: Twitter)

NEW YORK – Pemerintah Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah mengembalikan 200 artefak budaya bernilai sekira USD100 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun kepada Pemerintah India.

Benda bersejarah itu diberikan langsung kepada Perdana Menteri Narendra Modi dalam acara Repatriation of Cultural Property saat kunjungan hari pertamanya ke Negeri Paman Sam.

Pengembalian benda itu sebagai bentuk penghormatan Pemerintah AS terhadap budaya masyarakat India dan menghargai hubungan kedua negara. 

Benda yang dikembalikan itu termasuk sejumlah patung keagamaan, perunggu, potongan terakota, dan sebagian benda berusia 2.000 tahun yang dijarah dari situs keagamaan paling berharga di India.

Di antara benda yang dikembalikan itu adalah patung Saint Manikkavichavakar, mistik Hindu, dan syair dari periode Chola yang dicuri dari Kuil Sivan di Chennai. Dalam koleksi tersebut, termasuk juga patung perunggu dari Ganesh yang  diperkirakan berusia 1.000 tahun.

Sebagian besar benda diberikan dalam upacara pengembalian itu disita selama Operasi Hidden Idol yang dimulai pada 2007.

Terkait hal ini, Perdana Menteri India, Narendra Modi mengapresiasi langkah dan kebijakan Pemerintah AS untuk mengembalikan benda bersejarah tersebut.

“Fokus pada sejarah dan kultur... saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah AS karena telah mengembalikan artefak bersejarah ke India,” ujar Narendra, sebagaimana tertulis dalam akun Twitter miliknya, sebagaimana dilansir The Quint, Selasa (7/6/2016). 

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini