Peneliti Temukan Kerangka Binatang Langka Berusia 14 Ribu Tahun

Ahmad Taufik , Okezone · Minggu 26 Juni 2016 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 26 18 1425500 peneliti-meksiko-temukan-binatang-langka-berusia-14-ribu-tahun-8U4fEb7fUY.jpg Penemuan benda langka di Kota Meksiko (Foto: AFP)

MEKSIKO – Seorang pekerja penggali jalan di Kota Meksiko secara tidak sengaja telah menemukan benda langka dengan ukuran besar. Benda tersebut diduga sebuah kerangka binatang kuno berukuran raksasa yang telah lama punah.

Berdasarkan analisis para ahli, benda itu diperkirakan memiliki tinggi 4.8 meter dan berat 10 ton. Benda langka itu ditemukan saat pekerja sedang melakukan pengalian drainase jalan di pinggiran Kota San Antonio Xahuento.

Binatang itu diperkirakan meninggal sekira 12.000 – 14.000 tahun lalu. Benda itu terkubur dalam tanah dengan ketinggian 1.9 meter. Informasi itu sebagaimana dilansir Daily Mail, Minggu (26/6/2016).

Setelah penemuan itu, para arkeolog langsung melakukan penelitian di tempat tersebut pada bulan April 2016. Proses penggalian di tempat tersebut akhirnya menemukan kerangka kepala dengan ukuran 0.9 meter dan lengkap gading berbentuk melengkung dengan ukuran tiga meter. Seluruh hasil temuan itu saat ini sudah diangkat dari permukaan tanah.

Proses pengangkatan benda tersebut harus dilakukan para ahli secara berhati-hati. Ini bertujuan agar seluruh sisa tulang itu terangkat secara utuh dan tidak terpecah-pecah.

Selain benda tersebut, para ahli juga menemukan benda lain seperti tulang rusuk, tulang kaki, dan tulang belakang. Menurut Paleontolog Luis Cordoba Barradas, penemuan tulang hewan dalam bentuk seperti ini mengindikasikan bahwa hewan itu kemungkinan besar telah dipotong oleh sekelompok manusia. Setelah itu, daging hewan langka itu dibawa pergi.

Berdasarkan analisis peneliti, makhluk yang meninggal pada usia 20-25 tahun adalah hewan dari spesies Mammuthus Columbi. Dugaan itu karena jenis hewan seperti itu sudah banyak ditemukan di seluruh wilayah Meksiko.  

Menurut Luis Cordoba, seorang arkeolog di National Institute of Anthropology and History, lebih dari 50 kerangka Mammoth telah ditemukan di sekitar Kota Meksiko. Kerangka hewan itu biasanya ditemukan dekat danau dan sumber air di mana makhluk itu berkumpul. Sebagian kerangka tersebut juga telah ditemukan dalam sebuah lubang di La Brea California

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini