Burkini Tak Mungkin Dilarang di Rusia

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 31 Agustus 2016 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 31 18 1477784 burkini-tak-mungkin-dilarang-di-rusia-pWmd6K5hdv.jpg Ilustrasi: perempuan mengenakan burkini di pantai. (Foto: AFP)

JAKARTA - Pakaian renang tertutup, burkini, menyulut kontroversi di Prancis. Puluhan Wali Kota di Negeri Mode ramai-ramai melarang penggunaan burkini, terutama di wilayah pesisir pantai.

Pun begitu, Menteri Dalam Negeri Prancis Bernard Cazeneuve menyatakan pelarangan burkini tidak konstitusional. Bernard justru meminta warga Prancis untuk bersatu dan tidak usah termakan isu burkini yang diseret untuk Pemilu 2017.

Menanggapi maraknya pelarang burkini, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mihkail Galuzin menyatakan, pelarangan burkini tidak mungkin diterapkan di Rusia. Negara asalnya itu disebutnya sangat multi-etnis dan agama.

"Saya belum dengar ada pelarangan burkini di Rusia. Tetapi, tidak mungkin larangan itu berlaku di Rusia yang sangat multi-etnis dan agama," papar Galuzin di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2016).

Pria berkacamata itu lalu menambahkan pengalamannya ketika mengunjungi wilayah Rusia yang didominasi umat Islam. Bahkan, Galuzin menyebut, perempuan-perempuan Muslim Rusia bebas mengenakan penutup kepala atau jilbab.

"Selama libur panjang kemarin saya mengunjungi wilayah dekat Dagestan, Chechnya, dan lainnya yang mayoritas dihuni umat Islam. Kami hidup harmonis. Saya pikir mustahil burkini dilarang di Rusia," tutup Galuzin.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini