nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rentetan Uji Coba Rudal Korut Sepanjang 2016

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 10 September 2016 18:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 10 18 1486593 rentetan-uji-coba-rudal-korut-sepanjang-2016-132qFdqGf9.jpg Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un (Foto: KCNA/Reuters)

KOREA Utara seakan tidak mengindahkan berbagai sanksi yang dijatuhkan dunia internasional. Rezim Kim Jong-un terus menerus melakukan uji coba program nuklir serta menembakkan rudal balistik. Kecaman dari dunia internasional berdatangan untuk Korut.

Berikut rangkuman rentetan uji rudal balistik Korea Utara sepanjang 2016:

1. Peluncuran Rudal 7 Februari

Korea Utara (Korut) meluncurkan rudal balistik jarak jauh. Pyongyang mengklaim rudal tersebut diluncurkan untuk menaruh satelit mereka di lintasan orbit bumi. Rudal tersebut ditembakkan dari wilayah selatan. Sebelumnya, Korut telah memberi tahu PBB bahwa mereka akan meluncurkan rudal pada 8-25 Februari.

2. Peluncuran Rudal 18 Maret

Presiden Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi pada 17 Februari. Sehari berselang, Korut menembakkan rudal jarak menengah dari wilayah pantai timur. Rudal tersebut berhasil terbang sejauh 800 kilometer (km) sebelum jatuh ke laut.

3. Peluncuran Rudal dalam Rangka Ultah Kim Il-sung

Mendiang Kim Il-sung dianggap sebagai bapak bangsa Korut. Kim Jong-un –cucu Il-sung- menyambut ulang tahun (ultah) sang kakek dengan meluncurkan rudal jarak menengah pada 15 April. Korut sekaligus menguji coba rudal jarak menengah Musudan yang belum pernah menjalani uji coba sejak diproduksi.

4. Peluncuran Rudal Kapal Selam

Tidak sampai dua pekan kemudian, Korut kembali menguji rudal jarak menengah mereka. Kali ini, rudal ditembakkan dari kapal selam. Uji coba dilakukan pada 23 April malam waktu setempat dari Laut Timur dekat Sinpo. Rudal berhasil melayang setinggi 30 kilometer (km) dan melesat sejauh 300 km.

5. Peluncuran Musudan Jelang Kongres Partai

Partai Pekerja Korut adalah partai penguasa sejak berdiri pada 9 September 1948. Sepekan jelang ulang tahun pada 6 Mei, Korut meluncurkan rudal Musudan pada 28 April sekira pukul 06.40 waktu setempat. Sayangnya, uji coba tersebut menemui kegagalan.

6. Gagalnya Dua Uji Coba Sepanjang Mei

Dua hari jelang ulang tahun sekaligus Kongres Partai Pekerja, Korut kembali meluncurkan rudal balistik. Dua buah rudal balistik jarak menengah diluncurkan pada 4 Mei. Uji coba sayangnya kembali berujung kegagalan. Demikian halnya dengan uji coba pada 31 Mei yang lagi-lagi mentah.

7. Peluncuran Tiga Rudal Balistik 19 Juli

Satu bulan vakum, Korut kembali menguji coba rudal balistik mereka. Tidak tanggung-tanggung, Pyongyang menguji coba tiga buah rudal sekaligus. Rudal ditembakkan sekira pukul 05.45 waktu setempat pada 19 Juli di wilayah pantai timur. Rudal berhasil terbang sejauh 500-600 km.

8. Peluncuran Rudal Kapal Selam 24 Agustus

Kembali, dibutuhkan waktu satu bulan lamanya bagi Korut untuk menembakkan rudal mereka. Rudal kembali ditembakkan dari kapal selam di wilayah pantai timur sekira pukul 05.30 pada 24 Agustus. Peluncuran rudal terjadi hanya satu hari setelah militer AS dan Korea Selatan (Korsel) melakukan latihan militer bersama.

9. Peluncuran Rudal di Tengah KTT G-20

Korea Utara menembakkan tiga buah rudal balistik yang lagi-lagi dilakukan dari kapal selam. Peluncuran rudal tersebut bertepatan dengan pelaksaan KTT G-20 di Hangzhou, China. Rudal balistik yang ditembakkan pada Senin 5 September itu berhasil mencapai zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang. Ini adalah pertama kalinya rudal Korut mencapai wilayah negara lain.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini