nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kashmir Memanas, India Evakuasi Ribuan Warga dari Perbatasan Pakistan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 30 September 2016 18:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 30 18 1503053 kashmir-memanas-india-evakuasi-ribuan-warga-dari-perbatasan-pakistan-tCj2PZqEwI.jpg Pasukan India berjaga di perbatasan dengan Pakistan (Foto: Danish Ismail/Reuters)

KASHMIR – Sengketa kedaulatan di wilayah Kashmir antara India dengan Pakistan memanas. Otoritas Pakistan menyatakan India telah menembak mati dua pasukannya di perbatasan dengan dalih memberantas terorisme. Di sisi lain, India memerintahkan warganya menyingkir dari perbatasan.

Perdana Menteri India Narendra Modi memerintahkan pasukan keamanan nasional dan negara bagian setempat untuk meningkatkan pengawasan di perbatasan antara Negara Bagian Jammu dan Kashmir. Sebanyak 10 ribu warga di perbatasan tersebut sudah dievakuasi oleh otoritas setempat.

“Prioritas utama kami adalah untuk mengevakuasi perempuan dan anak-anak ke bangunan milik pemerintah, motel, dan gedung pernikahan. Warga yang belum bisa pindah kami himbau untuk tidak keluar rumah pada larut malam hingga dini hari,” ujar Wakil Sekretaris Kabinet Jammu dan Kashmir, Nirmal Singh, seperti dimuat Reuters, Jumat (30/9/2016).

Ratusan desa yang berada di sepanjang 15 kilometer (km) garis perbatasan yang bersisian dengan Line of Control sudah berhasil dievakuasi. Salah satu warga, Rakesh Singh, mengaku keluarganya termasuk kloter pertama evakuasi. Sebab, rumahnya berada dalam jarak tembak artileri Pakistan.

Ketegangan hubungan antara India dan Pakistan memang tengah meningkat sebulan terakhir ini. Sebelumnya, kelompok separatis juga melanggar perbatasan dan melancarkan serangan ke pangkalan militer India dan menewaskan 18 tentaranya.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini