Share

KTP Palsu, Ikon 'Gadis Afghanistan' Ditangkap di Pakistan

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 27 Oktober 2016 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 18 1526098 ktp-palsu-ikon-gadis-afghanistan-ditangkap-di-pakistan-Wnozrjp2Sd.jpg Foto Sharbat Gula yang menjadi cover ikonik majalah National Geographic. (Foto: Reuters)

ISLAMABAD – Gadis Afghanistan bermata hijau yang terkenal setelah fotonya dipublikasikan sebagai halaman muka majalah National Geographic edisi Juni 1985, ditangkap di Pakistan. Sharbat Gula, nama si gadis, dituduh tinggal di negara itu dengan dokumen palsu.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan telah menyelidiki perempuan yang kini berusia 40 tahun tersebut selama beberapa tahun setelah dia diketahui tinggal dengan KTP ilegal. IBTimes, Kamis (27/10/2016) melaporkan, ikon wajah Afghanistan pada 1980-an itu ditangkap pada Selasa 25 Oktober terkait tuduhan pemalsuan KTP yang telah terkomputerisasi

Pada 2015 muncul kabar Sharbat telah mengajukan permohonan untuk mendapatkan dokumen KTP Pakistan dengan menggunakan nama Sharbat Bibi di Peshawar pada 2014. Dia dilaporkan bersembunyi saat penyelidikan terkait masalah ini dilakukan. Pihak berwenang Pakistan mengatakan, Sharbat adalah salah satu dari ribuan warga Afghanistan yang mendapatkan kartu identitasnya tahun lalu.

Saudara ipar Sharbat, Shahshad Khan mengatakan, perempuan bermata hijau itu adalah seorang warga Pakistan yang sah. Pasalnya, Sharbat menikahi kakak Shahshad, Rahmat Khan, yang lahir di Pakistan. Rahmat meninggal dunia lima tahun lalu meninggalkan Sharbat dan empat orang anak mereka.

Foto ikonik Sharbat yang diambil oleh fotografer Steve McCurry adalah salah satu halaman muka terkenal dalam sejarah majalah National Geographic. Foto yang diambil di Kamp Pengungsi Nasir Bagh, Peshawar, pada 1984 itu bahkan disamakan dengan lukisan termasyhur Monalisa karya Leonardo Da Vinci karena kemiripan ekspresi dan tatapan mata yang tajam ke arah kamera.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini