PM Jepang Sambangi Donald Trump Pekan Depan

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 10 November 2016 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 10 18 1538153 pm-jepang-sambangi-donald-trump-pekan-depan-iwtJjG1WEc.jpg Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (Foto: Olivier Douliery/AFP)

TOKYO – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengucapkan selamat serta memuji talenta Presiden Terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Kepala Kabinet Jepang Yoshihide Suga menyampaikan, Ketua Partai Liberal Demokratik (LDP) itu siap bertemu kandidat Partai Republik itu pekan depan di New York, Amerika Serikat (AS).

“Pertemuan keduanya menandai permulaan yang baik untuk membangun kepercayaan. Pembicaraan keduanya sudah dijadwalkan berlangsung pada 17 November 2016 di New York,” ujar Suga, seperti dimuat Time, Kamis (10/11/2016).

Abe dan Trump berbicara mengenai pentingnya hubungan aliansi Jepang dan AS lewat saluran telefon pada Rabu 9 November 2016 malam waktu setempat. Kedua pemimpin itu juga menegaskan tekad untuk bekerja sama memastikan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Pasifik.

Namun, kedua tokoh tersebut tidak membahas Perjanjian Perdagangan Trans Pasifik (TPP) serta sejumlah isu penting lainnya seperti kehadiran pasukan AS di Jepang. Sebagaimana diketahui, Donald Trump menyatakan tidak setuju terhadap TPP dalam Debat Capres AS 2016. Pria berusia 70 tahun itu bahkan siap membatalkan TPP yang ditandatangani pada 4 Februari 2016.

Diwartakan Kyodo, Donald Trump balas memuji Shinzo Abe dengan menyatakan paket kebijakan “Abenomics” adalah sebuah program yang sangat baik. Sebelumnya, Abe memuji talenta luar biasa Donald Trump sebagai seorang pengusaha yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi AS.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini