Image

Hillary Clinton

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 11 November 2016 16:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 11 17 1539108 hillary-clinton-TLsGQ1HhF9.jpg Hillary Clinton. (Foto: Ethan Miller/Getty Images)

HILLARY Clinton lahir pada 26 Oktober 1947 di Kota Chicago, negara bagian Illinois. Ia meraih gelar hukumnya di Universitas Yale. Di sana, ia juga bertemu dengan Bill Clinton yang akhirnya menjadi suaminya hingga kini.

Ketika Bill Clinton terpilih menjadi Presiden Negeri Paman Sam, Hillary menjadi ibu negara pada 1993 hingga 2001. Namun di 1998, Hillary didesak oleh pejabat di Partai Demokrat untuk menggantikan Senator Daniel Patrick Moynihan yang mengundurkan diri sebagai Senator New York.

Dengan membulatkan tekad, akhirnya Hillary memutuskan untuk mengikuti pemilihan, dan ia terpilih menjadi Senator New York pada 2001 hingga 2009. Tidak puas dengan posisinya, Hillary mulai mengincar jabatan nomor satu di Amerika Serikat. Tepatnya pada awal 2007, ketika masih menjadi senator, Hillary mengumumkan bahwa ia mencalonkan diri untuk menjadi Presiden AS.

Namun, pencalonan itu kandas ketika ia mengundurkan diri dari pencalonan presiden pada US Primaries Election 2008 dan membuat Barack Obama menjadi calon tunggal dari Partai Demokrat.

Ketika Obama memenangkan Pilpres AS 2008, ia melihat terdapat potensi di dalam diri Hillary yang kuat. Oleh karena itu, Obama mengangkatnya sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) AS pada Januari 2009 hingga 2013.

Hillary Clinton mulai diserang kontroversi ketika Kementerian Luar Negeri (Kemlu) AS mendadak menjadi sorotan pasca-serangan di Benghazi, Libya, pada 11 September 2012 yang menyebabkan Duta Besar AS di sana, Christopher Stevens, dan tiga staf lainnya tewas.

Beberapa pihak menyebut tewasnya para diplomat itu disebabkan kegagalan sistematis serta kurangnya kepemimpinan dan manajemen di Kementerian Luar Negeri AS. Hillary mengundurkan diri dari jabatannya pada 1 Februari 2013.

Langkahnya untuk menjadi Presiden AS tidak pernah pudar. Pada 2015, ia kembali mengumumkan pencalonan dirinya sebagai capres AS dari Partai Demokrat. Namun di tengah-tengah pencalonan itu, Hillary kembali dihantam oleh skandal.

Pada Maret 2015, Inspektur Jenderal Kemlu AS menyatakan bahwa Hillary kerap menggunakan akun surat elektronik (surel) pribadinya untuk mengirim pesan ketika masih menjabat sebagai Menlu AS. Tentu saja hal ini sangat berlawanan dengan peraturan yang berlaku di AS, sebab para pejabat di Negeri Paman Sam diharuskan menggunakan akun surel yang disediakan oleh negara demi alasan keamanan.

Hal ini kerap dijadikan senjata oleh lawan politiknya yang memandang Hillary orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak bisa mengemban jabatan sebagai presiden. Selama berkampanye untuk menjadi calon tunggal dari Partai Demokrat, Hillary masih berada dalam pengawasan FBI yang sedang menyelidiki skandal surelnya.

Penggunaan akun pribadi surel ini juga dijadikan sebagai bahan utama Donald Trump, calon Presiden AS dari Partai Republik, untuk menyerang Hillary. Bahkan, Trump pernah menyebut skandal tersebut dapat menjadi alasan utama mantan menlu AS itu dijebloskan ke penjara.

Namun, skandal ini tidak menghentikan langkahnya, ia tetap terus melangkah untuk menuju pilpres AS 2016. Hillary juga sudah sadar dengan kesalahannya tersebut dan siap bertanggung jawab serta mengikuti prosedur penyelidikan dari FBI. Alhasil, biro investigasi federal tersebut menyatakan Hillary nihil pelanggaran.

Hillary menjadi capres perempuan pertama di AS yang didukung sepenuhnya oleh Partai Demokrat. Mantan Presiden George W Bush sekeluarga pun berada di pihaknya. Sayang, langkahnya terhenti pada babak penentuan 8 November 2016. Capres Republik, Donald Trump memenangkan 290 suara electoral college. Meskipun Hillary Clinton unggul dalam popular vote.

Biodata Tokoh

Nama Lengkap: Hillary Diane Rodham Clinton

Nama Panggilan/Julukan: Hillary atau Clinton

Tempat/Tanggal Lahir: Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 26 Oktober 1947

Suami: William Jefferson “Bill” Clinton

Anak: Chelsea Victoria Clinton

Jenjang Pendidikan: Maine East High School (lulus 1965), Wellesley College (lulus 1969), Yale Law School (lulus 1973), Yale Child Study Center (lulus 1974).

Jenjang Karier: Dosen University of Arkansas Law School (Agustus 1971), Senator New York (3 Januari 2001–21 Januari 2009), Menteri Luar Negeri AS (21 Januari 2009–1 Februari 2013).

Penghargaan: Arkansas Woman of the Year (1983), Living Legacy Award dari Women International Center (1994), gelar kehormatan Doktor Hukum dari University of Ulster (2004), Hillary mendapat Medali Kebebasan (Freedom Medal) dari Roosevelt Institute (2009), Philippine Legion of Honor (2013), dan lain-lain.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini