Menlu AS Yakin Kerja Sama dengan Jepang-Korsel Ampuh Tangani Korut

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 16 Maret 2017 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 16 18 1644443 menlu-as-yakin-kerja-sama-dengan-jepang-korsel-ampuh-tangani-korut-YzEL0Uk409.jpg Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida (Foto: Eugene Hoshiko/Associated Press)

TOKYO – Menteri Luar (Menlu) Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson, tiba di Tokyo, Jepang, untuk mengawali tur Asia. Mantan CEO Exxon Mobil itu bertemu dengan koleganya, Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida di Tokyo.

Tillerson menuturkan kerja sama dengan dua sekutu AS di Asia, yakni Jepang dan Korea Selatan (Korsel), sangat penting untuk mengatasi ancaman program nuklir serta rudal Korea Utara (Korut). Sebagaimana diberitakan, empat rudal Korut yang diuji coba pekan lalu mampu mencapai wilayah pantai Jepang.

Diwartakan Time, Kamis (16/3/2017), isu Korea Utara diyakini sebagai agenda utama kunjungan Rex Tillerson di Tokyo. Pria berusia 64 tahun itu juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, usai berbincang dengan Fumio Kishida.

Jepang dan Korsel menjadi tuan rumah bagi ribuan pasukan AS di kawasan Asia Pasifik. Negeri Paman Sam mendesak kedua sekutunya itu untuk meningkatkan kerja sama di bidang keamanan kendati hubungan Negeri Sakura dan Negeri Ginseng mengalami pasang surut.

Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida menuturkan, fakta bahwa negaranya adalah persinggahan pertama Tillerson, menunjukkan pentingnya hubungan kedua negara bagi Washington. Ia menyebut Jepang dan AS memiliki ikatan yang teguh.

Besok, Rex Tillerson dijadwalkan terbang menuju Korsel di tengah latihan gabungan tentara kedua negara. Latihan tersebut beberapa kali memicu kemarahan dari Pyongyang. Setelah dari Seoul, Tillerson kemudian mengudara menuju Beijing, China. Kunjungan tersebut diyakini untuk mendesak Negeri Tirai Bambu untuk menekan Korut agar mengurangi perilaku provokatif.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini