Brexit, Jerman Sebut Inggris Akan Tetap Jadi Mitra Penting

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Rabu 29 Maret 2017 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 29 18 1654044 brexit-jerman-sebut-inggris-akan-tetap-jadi-mitra-penting-q0ppalxoXw.gif Bendera Uni Eropa. (Foto: PA)

BERLIN - Keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa (UE) atau Brexit semakin dekat. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Jerman menegaskan meskipun Inggris tidak lagi menjadi bagian dari UE, Negeri Ratu Elizabeth tersebut akan tetap menjadi mitra penting.

Juru Bicara Pemerintah Jerman mengatakan, Inggris akan tetap menjadi mitra penting terutama dalam NATO. Selain itu, kedua negara juga diharapkan tetap mampu menjaga hubungan baik setelah Brexit. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa permasalahan yang perlu diperjelas setelah Brexit dilaksanakan.

Sebagaimana disitat dari ITV, Rabu (29/3/2017), permasalahan tersebut di antaranya terkait hak-hak warga UE yang menetap di Inggris.

"Ketidakpastian bisa menjadi pemicu hubungan buruk bagi Inggris dan Uni Eropa. Kami mengawasi perkembangan konstitusi di Inggris dengan hati-hati, termasuk kemungkinan Referendum Kemerdekaan Skotlandia," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman.

Perdana Menteri Inggris Theresa May sendiri dilaporkan telah menandatangani surat permohonan Article 50 yang akan diajukan kepada Presiden Uni Eropa Donald Tusk. Penandatanganan surat tersebut akan memulai metode resmi negara anggota Uni Eropa menanggalkan keanggotaannya. Jika surat itu sudah diterima oleh Tusk, maka proses Brexit secara resmi akan dimulai dan proses tersebut memakan waktu dua tahun. Jika sesuai jadwal, maka Inggris secara resmi akan keluar dari Uni Eropa pada 29 Maret 2019. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini