Headline Media Inggris Sambut Momen Brexit yang Bersejarah

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 30 Maret 2017 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 30 18 1654431 headline-media-inggris-sambut-momen-brexit-yang-bersejarah-mNvSZsJjiK.jpg Headlines media Inggris menyambut Brexit pada 29 Maret 2017. (Foto: Euronews)

LONDON – Dipicunya artikel 50 yang mensinyalkan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (UE) mendominasi headline surat kabar dan media Inggris pada Rabu dan Kamis, 29-30 Maret 2017. Headline yang terpasang di hampir semua media Negeri Union Jack itu akan menjadi catatan sejarah bercerainya London dari Brussels di tahun-tahun mendatang.

“Dover and Out” demikian bunyi headline harian The Sun pada 29 maret 2017 dengan foto Jurang Putih Dover yang ikonik. Lokasi yang berada di bagian garis pantai Inggris yang menghadap ke Prancis itu seakan menjadi tempat meneriakkan pesan perpisahan dari Inggris kepada UE.

Diwartakan Euronews, Kamis (30/3/2017), masih di hari yang sama, The Times menekankan pentingnya Brexit sebagai peristiwa bersejarah bagi Inggris dengan headline bertuliskan “The eyes of history are watching” yang berarti mata sejarah tengah menyaksikan keputusan warga Inggris untuk berpisah dari UE. Sedangkan headline Daily Mail hanya memajang satu kata “Freedom” atau “Merdeka” yang sedikit banyak menyampaikan posisi media itu terkait Brexit.

Headline media Inggris pada 30 Maret 2017 Foto: Twitter

Media Inggris pada 30 Maret banyak berfokus pada kalimat bernada ancaman yang dilontarkan Perdana Menteri (PM) Theresa May kepada para pemimpin Eropa. PM May mengatakan kegagalan mencapai kesepakatan Brexit yang komprehensif akan berdampak pada melemahnya kerjasama di bidang keamanan dan penanganan tindak kejahatan.

Harian Guardian merespons dengan headline yang berarti “Peringatan UE: Jangan memeras kami” sedangkan The Sun merespons dengan kata yang lebih keras dengan headline yang berarti “Ancaman Brexit PM kepada UE, uang Anda atau nyawa Anda, berdagang dengan kami dan kami akan bantu perang dengan teroris”.

Brexit memang akan menentukan arah kebijakan dan nasib Inggris di tahun-tahun mendatang, maka tidak heran jika momen ini menyedot perhatian yang besar. Proses Brexit sendiri tampaknya masih akan memakan waktu yang cukup lama hingga rampung, beberapa ahli memperkirakan Inggris baru benar-benar keluar dari UE paling cepat pada 2019.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini