Share

Moon Jae-in Resmi Terpilih sebagai Presiden Baru Korsel

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Rabu 10 Mei 2017 03:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 10 18 1687527 moon-jae-in-resmi-terpilih-sebagai-presiden-baru-korsel-jsPyYE24Zj.jpg Presiden baru Korsel, Moon Jae-in. (Foto: Yonhap)

SEOUL - Kandidat dari Partai Demokratik Liberal, Moon Jae-in resmi memenangkan pilpres 2017 sebagai Presiden baru Korea Selatan (Korsel). Kemenangan Moon tersebut telah dikonfirmasi secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum Korsel atau National Election Commission (NEC) pada Rabu 10 Mei 2017 dini hari waktu setempat.

Sebagaimana dilaporkan oleh Yonhap, Rabu (10/5/2017), pria berusia 64 tahun itu menang setelah mendapatkan suara final sebanyak 40,3% atau total 11,7 juta suara. Sementara itu, di posisi kedua ditempati oleh calon presiden (capres) dari Partai Kebebasan, Hong Joon-pyo dengan memperoleh 25,04% atau 7,3 juta suara. Kemudian di posisi ketiga ditempati oleh capres Ahn Cheol-soo dari Partai Rakyat dengan 21,5%.

Sebanyak 32,8 juta suara terbagi untuk sepuluh kandidat capres lainnya. Perhitungan resmi NEC berlangsung nyaris selama 10 jam pascatempat pemungutan suara (TPS) ditutup pada pukul 20.00 malam. Dan baru diumumkan pada pukul 02.47 dini hari waktu setempat.

Sebelumnya, hasil perhitungan exit poll menunjukkan Moon unggul dengan angka 41,4%. Angka tersebut hanya berbeda tipis dengan hasil perhitungan resmi NEC. Dan Moon Jae-in sendiri telah berpidato di hadapan publik terkait kemenangannya sebelum pengumuman resmi dari NEC keluar.

Dalam pidatonya tersebut, sebagai Presiden Korsel ke-19, Moon berjanji akan membuat Korsel sebagai negara yang hebat dan berjanji akan menjadi presiden yang dibanggakan rakyatnya. Sementara itu, Hong Joon-pyo yang menjadi runner-up juga telah memberikan pernyataan kepada media dan menyatakan menerima kemenangan lawannya itu. (rav)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini