Image

6 Tentara Thailand Tewas Terkena Bom Pinggir Jalan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin, 19 Juni 2017 - 15:43 WIB
Tentara Thailand menyisir lokasi pengeboman (Foto: AFP) Tentara Thailand menyisir lokasi pengeboman (Foto: AFP)

PATTANI – Sedikitnya enam orang tentara Thailand tewas setelah bom di pinggir jalan yang dipasang oleh kelompok pemberontak di Provinsi Pattani. Selain enam orang tewas, bom juga menyebabkan empat orang terluka.

Bom dipasang oleh kelompok pemberontak di jalan yang masih belum diaspal. Kepolisian Distrik Pattani, Kolonel Pruk Liangsukwho menuturkan, bom meledak tepat ketika tentara Thailand melakukan patroli rutin.

“Tampaknya itu kerjaan kelompok pemberontak di wilayah tersebut karena termasuk dalam area merah,” ujar Kolonel Pruk Liangsukwho, mengutip dari Reuters, Senin (19/6/2017). Area merah adalah kode untuk wilayah rentan pemberontakan paling tinggi.

Sejauh ini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab. Akan tetapi, wilayah selatan Thailand sejak 2004 diguncang pemberontakan, terutama di tiga provinsi yakni Yala, Pattani, dan Narathiwat. Pemberontakan tersebut hingga saat ini sudah menelan sedikitnya 6.500 korban jiwa.

Serangan bom tersebut hanya berselang satu bulan sejak ledakan di pintu masuk sebuah supermarket di Pattani. Beruntung, tidak ada korban jiwa meski puluhan orang terluka parah. Ketiga provinsi yang diguncang pemberontakan tersebut berada di dekat perbatasan dengan Malaysia.

Pemerintah junta militer Thailand sejak 2015 sudah menggelar sejumlah perundingan dengan Malaysia dengan tujuan mengakhiri kekerasan di perbatasan kedua negara. Akan tetapi, perundingan tersebut selalu berakhir dengan jalan buntu.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming