Share

Astaga! Bom Pinggir Jalan Meledak di Thailand, 4 Orang Tewas

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Jum'at 22 September 2017 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 22 18 1780743 astaga-bom-pinggir-jalan-meledak-thailand-4-orang-tewas-3JoIHSfftW.jpg Tentara Thailand. (Foto: Reuters)

BANGKOK - Sebuah bom dilaporkan meledak di jalan utama Kota Pattani, Thailand dan menewaskan sedikitnya 4 orang. Keempat korban tewas tersebut diketahui merupakan tentara yang tengah bertugas. Ledakan bom yang di pasang di badan jalan itu juga dilaporkan melukai 6 orang lainnya yang terdiri oleh seorang warga sipil.

Bom tersebut diduga kuat dipasang oleh kelompok pemberontak di Provinsi Pattani. Sebagaimana diketahui, wilayah selatan Thailand sejak 2004 diguncang pemberontakan, terutama di tiga provinsi yakni Yala, Pattani, dan Narathiwat. Pemberontakan tersebut hingga saat ini sudah menelan sedikitnya 6.500 korban jiwa.

"Kelompok yang menanam bom tersebut menggunakan teknik lama untuk menciptakan ketidakstabilan di wilayah ini. Mereka menanam bom di bawah jalan yang saat ini sedang dibangun," ujar Juru Bicara Pasukan Keamanan, Pramote Prom-in sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (22/9/2017).

Hingga berita ini diturunkan belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom tersebut. Namun sejumlah pihak mencurigai gerilyawan Muslim sebagai otak peledakkan bom tersebut di mana mereka tengah berjuang untuk memisahkan diri dari Thailand.

Tiga provinsi paling selatan di Thailand yang disebutkan sebelumnya diketahui merupakan bagian dari kesultanan Muslim melayu yang independen sampai akhirnya mereka dianeksasi pada 1909. Serangan bom ini diketahui terjadi hanya berselang 1 minggu dari serangan sebelumnya pada 14 September.

Serangan bom pinggir jalan yang terjadi pada pekan lalu diketahui telah menewaskan 1 orang tentara dan melukai 20 orang lainnta. Puluhan orang yang terluka terdiri dari 2 warga sipil dan sisanya merupakan tentara dan polisi. Ledakan tersebut terjadi di Provinsi Yala.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini