Image

Detektor Logam Masjidil Aqsa Dicopot, Israel-Palestina Masih Tak Saling Bicara

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017, 09:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 26 18 1744043 detektor-logam-masjidil-aqsa-dicopot-israel-palestina-masing-tak-saling-bicara-bKfJC2EtVN.jpg Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, masih memutuskan hubungan dengan Israel (Foto: Ammar Awad/Reuters)

RAMALLAH – Israel sudah memutuskan untuk mencopot detektor logam di kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem. Akan tetapi, bagi Presiden Palestina Mahmoud Abbas, langkah tersebut belumlah cukup. Ia akan tetap membekukan hubungan dengan Israel hingga keadaan kembali normal.

“Kecuali semua pengamanan kembali seperti sebelum 14 Juli, tidak akan ada perubahan. Semua tindakan Israel di kompleks tersebut sejak saat itu hingga hari ini seharusnya dihentikan,” ucap pria berusia 82 tahun itu, sebagaimana dilansir dari Times of Israel, Rabu (26/7/2017).

“Dengan begitu keadaan akan kembali normal di Yerusalem dan kita akan melanjutkan pekerjaan kita setelah itu dalam kaitannya dengan hubungan bilateral antara kita dengan mereka,” tukas Mahmoud Abbas.

Sebagaimana diberitakan, Israel memasang detektor logam di kompleks Masjidil Aqsa setelah dua orang polisi tewas ditembak oleh tiga orang tidak dikenal. Tel Aviv berdalih langkah tersebut merupakan pencegahan agar insiden serupa tidak terulang di masa depan.

Detektor logam tersebut menjadi sumber ketegangan di Masjid Al Aqsa selama satu pekan terakhir. Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, memutus semua komunikasi dengan Israel pada 21 Juli. Ia menuding alasan Israel tersebut dibuat-buat guna memperketat kontrol atas Haram al Sharif.

Mahmoud Abbas juga menyerukan semua pihak di Palestina, termasuk partai garis keras Hamas, untuk bersatu dan menarik perhatian dunia internasional kepada isu Masjid Al Aqsa. Dia juga mendesak PBB untuk segera mendorong pemberian perlindungan internasional kepada rakyat Palestina.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini