Mantap! Menlu Rusia Tegaskan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 09 Agustus 2017 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 18 1752636 mantap-menlu-rusia-tegaskan-dukungan-untuk-kemerdekaan-palestina-InMSJ59min.jpg Menlu RI Retno LP Marsudi bertemu dengan Menlu Rusia, Sergey Lavrov, di Gedung Pancasila, Kemlu, Rabu (9/8/2017). (Foto: dok. Kemlu)

JAKARTA โ€“ Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov kembali menegaskan dukungan negaranya untuk kemerdekaan Palestina. Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi hari ini.

"Kami telah membahas berbagai masalah, seperti penyelesaian masalah di Timur Tengah. Kami yakin perlu untuk tidak mengurangi usaha kita untuk menciptakan sebuah negara Palestina di Timur Tengah," kata Lavrov dalam pernyataan bersama di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Rabu (9/8/2017).

BACA JUGA: Bertemu Menlu Retno, Ini yang Dibicarakan Menlu Rusia

BACA JUGA: Presiden Rusia akan Kunjungi Indonesia, Menlu Retno: Undangan Sudah Disampaikan

Dukungan Negeri Beruang Merah bagi perjuangan Bangsa Palestina dapat ditarik sejak berdirinya Federasi Rusia pada 1991. Seperti juga Indonesia, Rusia adalah salah satu negara yang mendukung dibentuknya negara Palestina yang merdeka.

Dukungan itu tertulis dalam surat yang dikirimkan Presiden Dmitry Medvedev kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 2011 yang isinya berupa dukungan Rusia untuk pembentukan negara Palestina.

BACA JUGA: Wah! Makan Siang di Jakarta, Menlu Rusia Cicipi Rendang


Usai pertemuan, Menlu Lavrov dan Menlu Retno menandatangani โ€œRencana Konsultasi antara Kementerian Luar Negeri RI dengan Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia 2017-2019โ€. Ditandatanganinya dokumen tersebut memperlihatkan tingginya intensitas dialog dan konsultasi antara kedua negara terkait berbagai isu baik regional maupun global.

Setelah bertemu dengan Menlu Retno, Menlu Lavrov dijadwalkan akan bertemu dengan Sekjen ASEAN Le Luong Minh dan membuka Perwakilan tetap Rusia untuk ASEAN sore ini. Dari Indonesia Lavrov akan melanjutkan lawatan Asia Tenggaranya dengan mengunjungi Thailand.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini