Ngeri! 6 Imigran Gelap Sri Lanka Terserang Penyakit di Nias

Erie Prasetyo, Okezone · Jum'at 11 Agustus 2017 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 11 340 1754306 ngeri-6-imigran-gelap-sri-lanka-terserang-penyakit-di-nias-Z4T0ik020D.jpg Imigran Srilangka (foto: Erie/Okezone)
 

MEDAN - Sebanyak enam imigran gelap asal Sri Lanka yang terdampar di Pulau Nias terserang penyakit flu, demam dan kekurangan darah, Jumat (11/8/2017).

Saat ini, enam imigran sakit beserta 27 imigran Sri Lanka lainnya masih ditampung di Aula Kantor Kelurahan Pasar Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara, Ya'adil Telaumbanua mengatakan, para imigran gelap itu terserang penyakit karena diduga baru beradaptasi dengan cuaca dan dampak selama perjalanan selama sebulan lalu dari negara asalnya.

"Kita sangat perihatin. Pasti kita bantu mereka. Sudah kita tangani dengan serius," jelas Ya'adil, Jumat (10/8/2017).

Dia menerangkan, imgran tersebut sakit sejak kemarin, Kamis 9 Agustus 2017 kemarin. Pihak Dinas Kesehatan juga terus memantau perkembangan kesehatan imgran tersebut sampai kondisinya stabil.

"Setelah kita tangani maka kita pantau terus perkembangan kesehatan mereka hingga pulih maksimal," pungkas Ya'adil.

Kini para imigran tersebut masih diungsikan di Aula Kantor Kelurahan Pasar Lahewa sebagai tempat penampungan sementara. Namun belum ada informasi kapan para imigran pencari suaka tersebut dideportase.

Sebelumnya, para imigran gelap itu sebelumnya berangkat dari Sri Lanka pada 03 Juli 2017 lalu untuk mencari suaka ke Australia karena negara mereka sedang dilanda perang saudara.

Namun pada 06 Agustus 2017 mesin kapal viber yang mereka tumpangi rusak sehingga mereka terombangambing di laut dan terdampar 3 hari kemudian di

di pesisir Pantai Tureloto, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini