Astaga! Setelah Indonesia, Kali Ini Malaysia Salah Pasang Bendera Brunei di SEA Games 2017

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 21 Agustus 2017 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 18 1759656 astaga-setelah-indonesia-kali-ini-malaysia-salah-pasang-bendera-brunei-di-sea-game-2CpZvEhpgm.jpg Penyelenggara SEA Games 2017 di Malaysia salah memasang bendera Kesultanan Brunei Darussalam sebagai bendera nasional. (Foto: Malaysian Insight)

MALAYSIA - Baru saja reda gelombang protes akibat penyelenggara SEA Games 2017 di Malaysia salah memasang bendera Indonesia, insiden serupa kembali terulang. Kali ini korbannya adalah Brunei Darussalam.

Insiden ini terjadi saat kejuaraan duet renang indah berlangsung, Jumat 18 Agustus, di pusat Aquatic, Bukit Jalil. Kala itu, papan nilai digital menampilkan bendera Kesultanan Brunei Darussalam dan bukannya bendera nasional negara tersebut. Sekilas, bendera Kesultanan Brunei dan bendera nasionalnya memang tampak sama. Detail yang membedakan adalah pada bendera Kesultanan Brunei Darussalam, ada garis diagonal merah yang melintang di tengah lambang negara, di atas garis hitam.

 

Bendera Nasional Brunei Darussalam. (Foto: Wikipedia)

Tak ayal, kesalahan ini membuat tanda pagar #ShameOnYouMalaysia kembali ramai digunakan warganet.

BACA JUGA: Bendera Indonesia Dicetak Terbalik di Buku SEA Games 2017, Ini Respons Kemlu

Hingga kini belum diketahui apakah Pemerintah Brunei sudah melayangkan protes resmi terkait kesalahan pencantuman bendera mereka dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut. Demikian dilansir Malaysian Insight, Senin (21/8/2017).

Seperti diketahui, buku panduan dan berbagai merchandise SEA Games 2017 menampilkan bendera Indonesia terpasang terbalik seperti bendera Polandia. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Imam Nahrawi langsung mengungkapkan kekecewaan melalui Twitter resminya dan menyayangkan insiden tersebut. Publik Tanah Air pun sontak menyuarakan kegeraman mereka melalui media sosial Twitter dengan hastag #ShameOnYouMalaysia.

Pemerintah Malaysia, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mengeluarkan pernyataan resmi permohonan maaf kepada Indonesia. Pada 19 Agustus 2017 oleh Malaysia SEA Games Organising Committee (MASOC). Permintaan maaf juga disampaikan oleh Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, melalui akun Twitter-nya.

BACA JUGA: Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Malaysia Meminta Maaf

Menanggapi insiden, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu), melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur langsung melayangkan nota diplomatik kepada Malaysia. Sebagai respons, Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia, Datuk Sri Anifah Haji Aman, menemui Menlu RI Retno LP Marsudi untuk turut menyampaikan permintaan maaf.

BACA JUGA: Menlu Malaysia Minta Maaf Bendera Indonesia Dicetak Terbalik

Itikad baik juga ditunjukkan Kepolisian Malaysia yang menyatakan akan melakukan penyelidikan terhadap kesalahan pencetakan tersebut. Direktur Cabang Khusus Kepolisian Malaysia di Bukit Aman, Datuk Seri Mohamad Fuzi Harun mengatakan, pihaknya akan meminta penjelasan dari pihak terkait.

BACA JUGA: Polisi Malaysia Selidiki Pencetakan Bendera Indonesia yang Terbalik di Buku SEA Games 2017

Ia menyatakan tidak ingin Indonesia berkecil hati atas insiden bendera merah putih yang dicetak terbalik. Datuk Seri Mohamad Fuzi Harun berjanji hal yang tidak diinginkan seperti insiden tersebut tidak akan terjadi lagi di masa depan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini