nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlibat Skandal Korupsi Geun-hye, Bos Samsung Divonis 5 Tahun Penjara

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 26 Agustus 2017 04:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 26 18 1763428 terlibat-skandal-korupsi-geun-hye-bos-samsung-divonis-5-tahun-penjara-tluegM7CFg.jpg Bos Grup Samsung, Lee Jae-yong, divonis lima tahun penjara karena terseret skandal korupsi mantan Presiden Korsel Park Geun-hye (Foto: Kim Hong-ji/Reuters)

SEOUL – Pewaris tahta Grup Samsung, Lee Jae-yong, divonis hukuman lima tahun penjara oleh hakim Pengadilan Distrik Seoul, Korea Selatan (Korsel). Pria berusia 49 tahun itu dinyatakan bersalah atas kasus penyuapan, penggelapan, dan dakwaan lain dalam hubungan dengan kasus skandal korupsi yang menjerat mantan Presiden Park Geun-hye.

Lee Jae-yong terbukti terlibat dalam menyediakan dana sebesar 7,2 miliar Won Korea (setara Rp85 miliar) untuk menyuap Choi Soon-sil, rekan dekat Park Geun-hye. Dana tersebut digunakan oleh Soon-sil untuk mendukung karier berkuda putrinya, Chung Yoo-ra.

Dari uang tersebut, Samsung mendapatkan imbalan berupa dukungan Pemerintah Korsel untuk merger dua perusahaan afiliasi pada 2015 yang penuh kontroversi. Penggabungan tersebut memungkinkan Lee Jae-yong untuk mengontrol secara penuh grup Samsung yang merupakan salah satu perusahaan raksasa.

BACA JUGA: Skandal Presiden Korsel Seret Pewaris Samsung Jadi Tersangka

Salah satu pengacara Lee, Song Wu-cheol, berpendapat bahwa merger tersebut dilakukan sesuai dengan etika bisnis yang berlaku. Akan tetapi, pengadilan menyatakan sebaliknya. Wu-cheol mengatakan, kliennya akan segera mengajukan banding atas vonis tersebut.

“Seluruh putusan tidak dapat diterima. Saya percaya diri klien saya akan dinyatakan tidak bersalah pada tingkat peradilan yang lebih tinggi,” ujar Song Wu-cheol, seperti dimuat The Star, Sabtu (26/8/2017).

Sesuai undang-undang (UU) yang berlaku di Negeri Ginseng, eksekusi terhadap hukuman tiga tahun penjara atau lebih tidak dapat ditunda. Hukuman lima tahun penjara sendiri adalah salah satu jangka waktu kurungan terlama bagi seorang pengusaha Korsel.

BACA JUGA: Akhir Karier Presiden Korsel, dari Pemakzulan hingga Dilengserkan MK

Sebagaimana diberitakan, mantan Presiden Korsel Park Geun-hye terpaksa kehilangan jabatannya akibat skandal korupsi tersebut. Perempuan berusia 65 tahun itu dimakzulkan oleh parlemen pada Desember 2016 karena melibatkan Choi Soon-sil dalam sejumlah pengambilan kebijakan negara.

Geun-hye lantas dicopot dari jabatan presiden pada Maret 2017 agar dirinya bisa segera diusut atas kasus dugaan skandal korupsi. Pencopotan perempuan berjuluk Si Putri itu memaksa Korsel memajukan pemilihan presiden (Pilpres) yang sedianya berlangsung pada Desember menjadi Mei 2017.

Park Geun-hye dan Choi Soon-sil saat ini mendekam di penjara sembari menunggu persidangan atas kasus dugaan skandal korupsi tersebut. Kedekatan keduanya terjalin sejak ayah Geun-hye, Park Chung-hee, dibunuh pada 1979. Soon-sil merupakan putri dari Choi Tae-min, penasihat spiritual bagi Geun-hye. Sejak itu, Geun-hye seakan memiliki utang budi pada keluarga Tae-min.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini