Image

Teman Dekat Eks Presiden Korsel Divonis 20 Tahun Penjara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 16:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 18 1858991 teman-dekat-eks-presiden-korsel-divonis-20-tahun-penjara-RdzsLWnDAj.jpg Choi Soon-sil divonis 20 tahun penjara. (Foto: Reuters)

SEOUL - Teman dekat dari Presiden Korea Selatan yang dilengserkan, Park Geun-hye telah didakwa dan dijatuhi hukuman 20 tahun terkait skandal yang menjatuhkan Park.

BACA JUGA: Skandal Politik, 'Teman Gosip' Presiden Korsel Disidangkan

Choi Soon-sil dinyatakan bersalah atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan, penyuapan, dan ikut campur dalam masalah negara oleh Pengadilan Distrik Pusat Seoul. Hakim Kim See-yon menilai Choi telah memanfaatkan hubungan pribadinya dengan Park untuk memaksa perusahaan menyumbangkan dana ke yayasan yang dia kendalikan.

Perempuan berusia 61 tahun itu menerima uang dengan jumlah total mencapai 14 miliar won (Rp175 miliar) dari perusahaan raksas telekomunikasi, Samsung dan retail Lotte. Choi juga dituduh telah ikut campur secara luas dalam urusan negara.

"Kesalahan terdakwa berat dan tidak menunjukkan penyesalan," kata Hakim Kim sebagaimana dilansir AFP, Selasa (13/2/2018).

BACA JUGA: Terlibat Skandal Korupsi Geun-hye, Bos Samsung Divonis 5 Tahun Penjara

Selain Choi, pimpinan grup Lotte, Shin Dong-bin dan mantan staf kepresidenan, Ahn Jong-beom juga dijatuhi hukuman penjara. Shin yang mengepalai Lotte, konglomerasi terbesar kelima di KOrea Selatan divonis dua setengah tahun penjara, sementara Ahn dihukum selama enam tahun.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini