Image

Astaga! 8 Orang Meninggal Dunia saat Coba Taklukkan Pegunungan Alpen

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 13:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 28 18 1764503 astaga-8-orang-meninggal-dunia-saat-coba-taklukkan-pegunungan-alpen-oq7XKMfOn5.jpg Pegunungan Alpen yang telah memakan korban jiwa. (Foto: AFP)

SALZBURG – Naik gunung merupakan hobi ekstrem kegemaran banyak orang. Sensasi dan kebanggaan saat berhasil mencapai puncak gunung yang menjadi daya tarik seseorang untuk mendaki gunung. Namun alangkah baiknya sebelum mendaki gunung mengetahui medan yang akan dilalui atau cuaca yang akan dihadapi.

Delapan pendaki gunung tewas dalam tiga kecelakaan di Pegunungan Alpen akhir pekan lalu. Palang Merah Austria mengatakan, lima pendaki tewas pada Minggu 27 Agustus di Gunung Gabler, Pegunungan Alpen, sebelah timur Innsbruck, Austria.

Suatu kelompok yang berisikan enam orang itu dalam keadaan terikat ketika terjatuh dari daerah terpencil sekira 1,8 km di atas gunung. Enam helikopter pun dikerahkan sebagai untuk melakukan penyelamatan. Diketahu lima orang tewas dan satu selamat yaitu seorang pria berusia 60 tahun. Kini pria tersebut dirawat di rumah sakit di Salzburg dan dalam keadaan stabil.

Menurut laporan dari Scotsman, Senin (28/8/2017), pejabat setempat mengatakan, para pendaki berada di Mannlkarscharte, perbatasan di pegunungan dekat Kota Salzburg yang dikenal memiliki batuan tinggi.

"Kami pikir salah satu tali mungkin terlepas," jelas kepala tim penyelamat Palang Merah, Anton Voithofer.

Diketahui bahwa salah satu anggota kelompok tersebut tergelincir dan jatuh di atas gletser, yang membuat lima lainnya ikut terjatuh. Salah satu pendaki yang meninggal diidentifikasi sebagai pria berusia 34 tahun dari Bavaria. Sementara lainnya diperkirakan berasal dari Jerman.

Dalam insiden lainnya, seorang pria dan wanita berusia sekira 30-an tewas di Pegunungan Alpen saat mendaki gletser Adamello di wilayah Trentino Alto Adige. Mereka bagian dari kelompok kota Brescia, Italia, dan merupakan dua keluarga besar yang beranggotakan sembilan orang. Para pendaki dihubungkan oleh tiga tali dan jatuh saat tali mulai memendek. Mereka tergelincir di gletser yang kemudian menarik lainnya. Dua korban luka diketahui masih berumur 13 tahun. Tiga helikopter diterjunkan untuk mengevakuasi keluarga ini.

Kasus lainnya yang waktu kejadiannya berdekatan, seorang pendaki asal Italia meninggal pada Sabtu 26 Agustus setelah tertimpa batu-batu besar di daerah Alpen Valtellina, dekat perbatasan Swiss. (pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini