Astaga! Korut Kembali Tembakkan Rudal Ke Arah Jepang

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Selasa 29 Agustus 2017 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 18 1765057 astaga-korut-kembali-tembakkan-rudal-ke-arah-jepang-PMWU5SmfZB.jpg Bendera Korea Utara. (Foto: Reuters)

TOKYO / SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) dan Jepang menyebut, bahwa Korea Utara (Korut) hari ini telah kembali menembakkan rudal ke arah wilayah Negeri Sakura. NHK melaporkan rudal tersebut terpecah menjadi 3 bagian dan jatuh di wilayah perairan di Hokkaido.

Akibat peluncuran rudal tersebut, sistem peringatan J-Alert milik Jepang berbunyi dan menandakan sinyal bahaya agar masyarakat berhati-hati. Sebagaimana diwartakan Reuters, Selasa (29/8/2017), rudal tersebut terbelah menjadi 3 bagian setelah ditembak oleh Militer Jepang.

Baca Juga: Sering Jadi Sasaran Rudal, Jepang Lelah Berdialog dengan Korea Utara

Baca Juga: Korut Luncurkan Proyektil Jarak Pendek ke Laut Jepang

Rudal diketahui ditembakkan sekira pukul 06.06 pagi waktu Jepang. Sementara itu, Militer Korsel menyatakan, Rudal ditembakkan dari wilayah Sunan di dekat ibukota Korea Utara Pyongyang tepat sebelum pukul 6 pagi.

Sebagaimana diketahui, Korut bukan pertamakalinya menembakan rudal yang mengarah ke Jepang. Sebelumnya, negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un itu juga meluncurkan sejumlah proyektil jarak pendek ke laut lepas. Proyektil tersebut ditembakkan Korut dari Provinsi Kangwon, yang berada di sebelah timur negara tersebut. Proyektil tersebut diluncurkan oleh Korut sekira pukul 06.49 waktu setempat pada Sabtu 26 Agustus lalu.

Kerap menjadi sasarn peluncuran rudal, Jepang menyambut baik gagasan untuk menjatuhkan sanksi yang lebih berat atas Korut. Juru bicara Menteri Luar Negeri Jepang, Toshihide Ando menyampaikan bahwa Negeri Matahari Terbit juga merasa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengambil langkah yang lebih efektif untuk menekan Pyongyang, daripada harus melanjutkan dialog.

Baca Juga: Waduh! Korut Rampungkan Rencana Serangan ke Guam dalam Beberapa Hari

Baca Juga: Jepang Desak Peningkatan Tekanan terhadap Korea Utara

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini