Share

Laporan Pertahanan Jepang Sebut Korut Miliki Hulu Ledak Nuklir yang Diperkecil

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 21 Agustus 2019 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 21 18 2094640 laporan-pertahanan-jepang-sebut-korut-miliki-hulu-ledak-nuklir-yang-diperkecil-wWjIkV5FwD.jpg Foto: AFP.

TOKYO - Jepang akan meningkatkan estimasi kapabilitas nuklir Korea Utara dalam laporan pertahanan tahunannya yang akan datang, karena meyakini Pyongyang telah berhasil memperkecil hulu ledak nuklirnya. Hal itu diungkapkan surat kabar Yomiuri dalam laporan yang tidak disebutkan sumbernya pada Rabu.

Laporan Yomiuri yang dilansir Reuters, Rabu (21/8/2019) mengatakan bahwa estimasi itu sebanding dengan laporan penilaian tahun lalu di mana pemerintah mengatakan bahwa Korea Utara mungkin telah mampu memperkecil hulu ledak nuklirnya.

BACA JUGA: Korut Kembali Tembakkan Rudal Ke Arah Jepang

Pemerintah berencana untuk menyetujui laporan tersebut pada pertemuan Kabinet pada pertengahan September. Laporan itu akan mempertahankan penilaian bahwa kegiatan militer Korea Utara menimbulkan "ancaman serius dan segera" bagi Negara Matahari Terbit.

BACA JUGA: Ini Aksi Tentara Jepang Siapkan Penangkal Rudal Korut dalam 20 Menit

Sebagai negara yang letaknya berdekatan, Jepang merasa terancam dengan aktivitas militer dan program nuklir Korea Utara. Pemerintah Jepang bahkan telah mempersiapkan militernya dan melakukan latihan evakuasi saat Korea Utara melakukan serangkaian peluncuran rudal tahun lalu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini