nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pejabat Korea Utara Sebut PM Jepang Orang Paling Bodoh Sepanjang Sejarah

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 02 Desember 2019 15:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 02 18 2136934 pejabat-korea-utara-sebut-pm-jepang-orang-paling-bodoh-sepanjang-sejarah-zb5uPSz9Xp.jpg Perdana Menteri Shinzo Abe. (Foto/Reuters)

PYONGYANG – Salah seorang pejabat Korea Utara menyebut Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebagai orang paling bodoh yang pernah ada sepanjang sejarah.

Kecaman itu terjadi dua hari setelah Korut menguji yang disebut mereka sistem peluncuran roket berganda super besar.

Korea Selatan melaporkan bahwa dua proyektil tersebut jatuh di Laut Jepang, yang juga dikenal sebagai Laut Timur.

Baca juga: Korea Utara Ancam Hancurkan Resor Gunung Kumgang Milik Korsel

Baca juga: PM Abe Ingin Bertemu Kim Jong-un Bahas Warga Jepang yang Diculik Korut

Peluncuran sistem roket Korut juga diawasi oleh Pemimpin Korut Kim Jong-un.

Foto/KCNA

Namun PM Abe menyebut Korut menembakkan peluru kendali balistik, senjata yang dilarang dalam resolusi PBB.

"Dapat dikatakan bahwa [Shinzo] Abe adalah satu-satunya orang bodoh di dunia dan orang paling bodoh yang pernah dikenal dalam sejarah, karena ia gagal membedakan rudal dari beberapa sistem roket peluncuran sembari melihat laporan yang disertai foto," kata seorang pejabat kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan kantor berita Korut KCNA, melansir Daily Mail, Senin (2/12/2019).

"Abe mungkin melihat rudal balistik yang sebenarnya di masa depan yang tidak jauh dan di bawah hidungnya ... Abe [seorang] dungu yang sempurna," tambahnya.

Pejabat yang tidak disebut namanya itu menyarankan agar Korut menghindari urusan dengan Abe karena bisa membawa “aib.”

Kritik terhadap pemimpin Jepang merupakan yang kedua kalinya oleh Korut pada bulan ini.

Sebelumnya pejabat Korea Utara telah menyebut Abe idiot dan penjahat, dan memperingatkannya agar jangan pernah menginjakkan kaki di Pyongyang setelah Abe mengutuk uji senjata Korea Utara beberapa hari sebelumnya.

Pyongyang berada di bawah serangkaian sanksi internasional atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya, yang menurutnya perlu dipertahankan terhadap kemungkinan invasi AS.

Negosiasi nuklir antara AS dan Korea Utara terhenti sejak KTT Hanoi antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Kim Jong Un bubar pada Februari, dan Pyongyang sejak itu menuntut Washington mengubah pendekatannya pada akhir tahun ini.

Korea Utara telah mengeluarkan serangkaian komentar yang semakin tegas dalam beberapa pekan terakhir karena tenggat akhir tahun akan segera habis.

Trump mengisyaratkan prospek pertemuan keempat dengan Kim dalam pada awal bulan ini, namun proposal ditolak oleh Korea Utara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini