nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Abe Ingin Bertemu Kim Jong-un Bahas Warga Jepang yang Diculik Korut

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 17:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 04 18 2112878 pm-abe-ingin-bertemu-kim-jong-un-bahas-warga-jepang-yang-diculik-korut-mQpMnCeYWE.jpg Shinzo Abe. (Foto/Reuters)

TOKYO - Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengatakan dia bertekad untuk bertemu dengan Kim Jong-un untuk membahas warga Jepang yang diculik oleh agen-agen Korea Utara.

"Saya bertekad untuk bertemu dengan Ketua Kim Jong-un, tanpa prasyarat, untuk menyelesaikan masalah penculikan yang sangat penting," kata Abe saat di parlemen mengutip Al Jazeera, Jumat (4/10/2019).

Baca juga: Korea Utara Benarkan Telah Luncurkan Rudal dari Kapal Selam

Baca juga: Korut Nilai Uji Rudal Amerika Serikat Bisa Picu Perang Dingin

Pada 2002, Korea Utara mengakui agennya telah menculik 13 warga Jepang, sementara Jepang mengatakan 17 warganya diculik, lima di antaranya dipulangkan. Korea Utara mengatakan delapan orang tewas dan empat lainnya tidak pernah masuk ke negara itu.

Foto/KCNA/AFP

Abe telah bersumpah untuk melanjutkan masalah ini sampai semua korban penculikan pulang.

Jepang juga mengecam uji coba rudal Korea Utara pada pekan ini, yang disebut Abe sebagai pelanggaran sanksi PBB.

Korea Utara mengatakan pihaknya telah berhasil melakukan uji coba penembakan rudal balistik baru yang diluncurkan kapal selam.

Peluncuran rudal itu dianggap paling provokatif oleh Korea Utara sejak melanjutkan dialog dengan Amerika Serikat pada tahun 2018.

"Adapun situasi Korea Utara, kami akan melakukan yang terbaik untuk mengamankan keselamatan rakyat, sambil bekerja sama dengan Amerika Serikat dan bekerja sama dengan komunitas internasional," kata Abe dalam pidatonya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini