Image

Kecam Tindakan Pemasangan 4 Sistem THAAD Baru, Korut: Korsel Telah Gali Kuburannya Sendiri

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 10:37 WIB
THAAD Korea Selatan. (Foto: Evening Standard) THAAD Korea Selatan. (Foto: Evening Standard)

PYONGYANG – Untuk mengantisipasi peluncuran rudal yang dilakukan Korea Utara (Korut), Korea Selatan (Korsel) menempatkan empat peluncur tambahan sistem antirudal THAAD milik Amerika Serikat (AS). Tindakan ini ternyata menuai kecaman dari otoritas Korut.

Menurutnya, dengan memasang THAAD tersebut, Korsel sama saja telah menggali kuburannya sendiri. Mereka telah melakukan hal yang salah karena menyetujui tindakan tersebut.

"Penyebaran THAAD dari pemerintah Korsel sama bodohnya dengan tindakan menggali kuburan mereka sendiri,” tulis salah satu surat kabar Korut, Rodong Sinmun, sebagaimana dikutip dari Daily Express, Kamis (14/9/2017).

BACA JUGA: Drone Korut Berhasil Memotret Sistem THAAD Korsel

Menurut Pyongyang, mereka tidak akan memperoleh keuntungan dari pemasangan THAAD. Korsel benar-benar mengambil langkah yang salah. Mereka tidak akan bisa menghentikan rudal Korut.

Tindakan ini, lanjut pihak Korut, telah menunjukkan bahwa Korsel tunduk dengan Amerika Serikat. Setelah sepakat menjalin kerja sama, militer AS menambahkan lebih banyak peluncur ke sistem pertahanan rudal berteknologi tinggi di sebuah kota di tenggara Korsel.

“Pasukan penguasa Korsel membenarkan tindakan mereka untuk tunduk ke AS, berbicara tentang 'pilihan yang tak terelakkan' untuk mengatasi ancaman nuklir dari Korut,” lanjut pihak rezim Kim Jong-un.

BACA JUGA: Respons Uji Coba Rudal Korut, Korsel Pasang Lebih Banyak Sistem THAAD

Kerja sama ini memang telah terjalin sebelum Park Gun Hye dilengserkan karena skandal korupsi. Dengan melanjutkan tindakan ini, lanjut Korut, pemimpin Korsel saat ini sama jahatnya seperti pemimpinnya yang dahulu.

"Tindakan liar dari otoritas Korsel sama saja dengan kejahatan yang dilakukan oleh pengkhianat Park Geun Hye yang sangat menyukai tipu muslihat terhadap AS dan konfrontasi dengan rekan senegaranya di utara," tutur pihak Pyongyang.

BACA JUGA: Sistem Pertahanan THAAD di Korsel Sudah Masuk Tahap Pengoperasian

Kecaman Korut tak hanya diberikan kepada Korsel. Mereka juga mengecam tindakan AS yang sama dengan rezim Pyongyang. Menurutnya, tekanan AS telah membuat Korsel menyetujui penyebaran tambahan sistem antirudal THAAD.

"Ini adalah trik licik untuk menghasut konfrontasi dengan rekan senegaranya dan menutupi sifat sycophantic atau bahagia terhadap lelucon yang mengerikan serta pengkhianat mereka yang tercela,” tukasnya. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming