Mantap! Lewat Sambungan Telefon, Trump-Abe Sepakat Terus Menekan Korut

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 05 Oktober 2017 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 05 18 1789266 mantap-lewat-sambungan-telefon-trump-abe-sepakat-terus-menekan-korut-UlG61YP9KB.jpg Trump dan Abe dalam sebuah pertemuan. (Foto: Reuters)

TOKYO - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dalam percakapan telefon sepakat bahwa tekanan terhadap Korea Utara (Korut) harus dipelihara. Pembicaraan telefon itu diungkap seorang pejabat senior pemerintah Jepang.

“Keduanya  juga sepakat bahwa ‘dialog untuk tujuan dialog’ tidak ada artinya,” kata pejabat Tokyo yang berbicara dalam kondisi anonim tersebut, seperti dilansir Reuters, Kamis (5/10/2017).

Dalam beberapa pekan terakhir Korut telah meluncurkan dua rudal di atas wilayah Jepang dan melakukan uji coba nuklir keenam. Negara komunis itu berambisi mencapai tujuan program senjata nuklirnya, yakni memiliki rudal balistik antarbenua (ICBM) berhulu ledak nuklir yang mampu mencapai daratan AS.

(Baca juga: Marah Besar! Korut Ancam Kirim 'Awan Nuklir' ke Langit Jepang)

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan pada akhir pekan lalu bahwa Washington secara langsung berkomunikasi dengan Pyongyang terkait program nuklir dan misilnya. Namun, kata dia, Pyongyang tidak menunjukkan minat untuk berdialog.

Trump kemudian menolak prospek pembicaraan dengan Korut karena dianggap sebagai pemborosan waktu.

(Baca juga: Paranoid! Curiga Diserang Korut pada 10 Oktober, Menhan Jepang: Kita Harus Siap Siaga)

Selama percakapan telepon 12 menit, Abe juga menyampaikan duka cita atas penembakan massal di Las Vegas. Menurut Abe, Jepang “100 persen” berdiri di belakang orang-orang Amerika.

Trump rencananya akan melakukan perjalanan ke Jepang, China, Korea Selatan, Vietnam dan Filipina mulai bulan depan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini