Kabur dari Vonis Skandal Korupsi, Pemerintah Thailand Cabut Paspor Milik Mantan PM Yingluck

Emirald Julio, Okezone · Selasa 31 Oktober 2017 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 31 18 1805710 kabur-dari-vonis-skandal-korupsi-pemerintah-thailand-cabut-paspor-milik-mantan-pm-yingluck-1MVyAOAYNP.jpg Foto mantan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra (Foto: Reuters)

BANGKOK – Pemerintah Negeri Gajah Putih dilaporkan telah mencabut paspor milik mantan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra yang hingga kini tidak diketahui keberadaannya. Shinawatra disinyalir telah meninggalkan Thailand dua bulan yang lalu sebelum hakim memberikan putusan terkait kasus korupsi yang menyeretnya.

Sebagaimana dilaporkan AFP, Selasa (31/10/2017), pada September, Yingluck secara in absentia telah dijatuhi hukuman penjara selama lima tahun karena hakim memandang ia gagal menghentikan korupsi yang terjadi dalam kebijakan berasnya. Sekadar informasi, Yingluck merupakan Perdana Menteri Thailand yang digulingkan pada kudeta militer yang terjadi di 2014.

BACA JUGA: Nah Lho... Junta Tuding Polisi Bantu Eks PM Thailand Melarikan Diri

Namun, putusan hukuman bui itu menuai protes dari para pendukung Yingluck. Mereka mengklaim, itu merupakan usaha junta militer untuk mengusir Yingluck dari perpolitikan Thailand.

Namun kini keberadaan Yingluck masih menjadi tanda tanya bagi Pemerintah Thailand hingga akhirnya mereka memilih mengambil langkah tegas. “Semua paspor milik Yingluck telah dicabut saat ini,” ujar Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai.

BACA JUGA: Duh! Mantan PM Thailand Kabur Jelang Pembacaan Putusan Kasus Subsidi Beras

Otoritas Thailand menjelaskan, Yingluck memiliki empat paspor yang terdiri dari dua paspor pribadi dan dua paspor diplomatik. “Kami tidak tahu keberadaannya, hanya laporan bahwa ia berada di Inggris tapi tidak tahu kota yang mana,” tambah Menteri Luar Negeri Thailand tersebut.

Kepolisian Thailand juga saat ini sedang berusaha berkomunikasi dengan sejumlah pihak agar bisa mengekstradisi Yingluck. “Tapi tidak ada negara yang merespons dan mengatakan mereka melihat Nona Yingluck,” ucap Wakil Kepala Polisi Thailand, Srivara Ransibrahmanakul.

BACA JUGA: Tok! Mantan PM Thailand Dijatuhi Hukuman Penjara Lima Tahun

Keluarga Shinawatra sebenarnya merupakan keluarga kuat secara politik di Thailand. Mereka juga meraih banyak dukungan dari warga pedesaan di Thailand yang mendongkrak popularitas keluarga tersebut dalam pemilihan di Negeri Gajah Putuh.

Sayangnya kaum militer di Thailand tidak menyukai sepak terjang keluarga Shinawatra. Mereka memandang keluarga tersebut merupakan para oportunis yang korup.

Kakak Yingluck, Thaksin Shinawatra, juga menjadi korban kudeta. Ia digulingkan pada 2006 dan saat ini hidup dalam pengasingan demi menghindari kasus korupsi yang membayanginya di Thailand.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini