Share

Temui Trump, Keluarga Korban Penculikan Korut Siap Curahkan Isi Hati

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 06 November 2017 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 06 18 1808991 temui-trump-keluarga-korban-penculikan-korut-siap-curahkan-isi-hati-8jrEJVfCPC.JPG Presiden AS Donald Trump dan PM Jepang Shinzo Abe usai makan malam bersama (Foto: Jonathan Ernst/Reuters)

TOKYO – Seperti yang sudah dijadwalkan, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump akan bertemu dengan keluarga korban penculikan Korea Utara (Korut). Politikus Partai Republik itu akan bersua dengan kerabat korban penculikan di Istana Akasaka, Tokyo.

BACA JUGA: Sambangi Jepang, Ini Cara Trump Tunjukkan Simpati kepada Keluarga Korban Penculikan Korut

Ada tiga orang perwakilan keluarga korban penculikan yang akan berbincang dengan Trump, yaitu Shigeo Iizuka (ketua perkumpulan keluarga korban), Sakie Yokota (ibu dari Megumi Yokota), dan mantan korban penculikan Hitomi Soga yang dikembalikan ke Jepang pada 2002.

Shigeo Iizuka kehilangan saudarinya, Yaeko Taguchi. Sementara itu, Sakie Yokota terpisah dengan putrinya Megumi Yokota, yang namanya disebut Trump dalam pidato di Sidang Majelis Umum PBB September lalu. Sedangkan Hitomi Soga kehilangan ibu yang hingga kini tidak diketahui kabarnya.

Diwartakan NHK, Senin (6/11/2017), para perwakilan keluarga itu ingin mengungkapkan kesedihannya selama 40 tahun terakhir kepada Donald Trump. Mereka ingin Trump segera mencari penyelesaian awal masalah tersebut karena masa hidup mereka semakin pendek.

BACA JUGA: Adik Remaja Jepang yang Diculik Korut Berharap Trump Mampu Pulangkan Kakaknya 

Keluarga ingin meminta sang presiden agar kerabat mereka yang diculik segera dipulangkan, tidak hanya berfokus pada isu senjata nuklir semata. Meski demikian, pertemuan dengan Donald Trump bukan lah tujuan paling terakhir dari perwakilan keluarga.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Jepang mengidentifikasi ada 17 orang warganya yang diculik oleh Korea Utara pada 1977-1983. Lima dari 17 orang itu sudah dipulangkan setelah Perdana Menteri (PM) Jepang Junichiro Koizumi berbincang dengan Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-il pada 2002.

BACA JUGA: Jepang Puji Trump karena Sebut Penculikan Warganya dalam Pidato di Sidang Majelis Umum PBB

Donald Trump akan menjadi Presiden AS ketiga yang bertemu dengan keluarga korban penculikan. Sebelumnya, George Walker Bush dan Barack Obama melakukannya pada kunjungan mereka ke Jepang, masing-masing pada 2006 (Bush) dan 2014 (Obama).

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini