Trump Yakin Jepang Mampu Tembak Jatuh Rudal Korut

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 07 November 2017 01:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 07 18 1809593 trump-yakin-jepang-mampu-tembak-jatuh-rudal-korut-Q2KQabdZJH.JPG Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan PM Jepang Shinzo Abe (Foto: Jonathan Ernst/Reuters)

TOKYO – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump yakin Jepang akan mampu menembak jatuh rudal Korea Utara (Korut) saat masih berada di udara. Ucapan tersebut dilontarkan setelah Negeri Sakura sepakat membeli peralatan militer bernilai jutaan dollar AS dari Negeri Paman Sam.

BACA JUGA: Tiba di Jepang, Trump Ajak Sekutu Putuskan Sanksi Tegas untuk Korut

“Dia (Abe) akan menembak jatuh rudal dari udara ketika selesai melakukan pembelian peralatan militer tambahan dari Amerika Serikat. Dia akan membeli peralatan militer dalam jumlah banyak, sebagaimana mestinya. Dan kami memproduksi peralatan militer terbaik sejauh ini,” tukas Trump, mengutip dari Telegraph, Selasa (7/11/2017).

Mendengar pernyataan koleganya, Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengklaim negaranya saat ini sudah mampu mencegat rudal dari Korut jika dibutuhkan. Ia mengonfirmasi bahwa Tokyo sedang mengupayakan kesepakatan senjata dengan sekutu militer terdekat, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Korut Luncurkan Proyektil Jarak Pendek ke Laut Jepang

BACA JUGA: Astaga! Korut Kembali Tembakkan Rudal ke Arah Jepang

Presiden Trump sebelumnya tidak percaya pada laporan yang menyatakan Jepang sudah menembak jatuh dua rudal Korut yang sempat melintasi wilayah udaranya. Politikus Partai Republik itu heran, Negeri Matahari Terbit belum juga menampakkan semangat layaknya seorang samurai.

Sebagaimana diketahui, Trump mengawali tur Asia selama 12 hari dengan mengunjungi Jepang. Salah satu agenda utama dalam tur tersebut adalah untuk meraih dukungan dunia internasional terkait isu program pengembangan rudal dan nuklir Korea Utara.

BACA JUGA: Sering Jadi Sasaran Rudal, Jepang Lelah Berdialog dengan Korea Utara

Di hari kedua kunjungan tersebut, yakni Senin 6 November, Trump sempat bertemu dengan keluarga korban penculikan Korea Utara (Korut). Para perwakilan keluarga itu berharap Presiden AS ke-45 tersebut dan Shinzo Abe dapat memulangkan kerabat mereka yang diculik pada 1978-1983. Mereka mendesak agar kedua pemimpin tersebut tidak hanya terpaku pada isu nuklir saja.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini