Image

Trump Kepada Korut: Jangan Remehkan Kami!

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 08 November 2017, 11:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 11 08 18 1810444 trump-kepada-korut-jangan-remehkan-kami-HirfilktLY.jpg Presiden AS Donald Trump saat berpidato di depan anggota Parelemen Korsel. (Foto: Reuters)

SEOUL – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan Korea Utara (Korut) untuk tidak meremehkan AS, karena dia bersumpah akan mempertahankan negaranya dan sekutu-sekutunya dari ancaman nuklir Pyongyang. Dalam pidato di Majelis Nasional di Seoul yang menutup kunjungannya ke Korea Selatan (Korsel), Trump mengatakan bahwa Washington tidak akan dapat diintimidasi oleh tindakan-tindakan yang dilakukan Korsel.

BACA JUGA: Tiba di Korsel, Trump Masih Usung Isu Krisis Nuklir Korea Utara

"Kami tidak akan membiarkan kota-kota AS terancam kehancuran. Kami tidak akan diintimidasi. Dan kami tidak akan membiarkan kekejaman terburuk dalam sejarah diulang di sini, di atas tanah ini kita berjuang dan mati untuk menjaganya," "kata Trump kepada anggota parlemen Korsel sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (8/11/2017).

"Dunia tidak dapat menoleransi ancaman rezim liar yang mengancamnya dengan kehancuran nuklir," tambahnya.

Pidato tersebut diampaikan Trump setelah gagal melakukan kunjungan mendadak ke perbatasan antara Korut dan Korsel atau yang dikenal sebagai zona demiliterisasi (DMZ), pada Rabu waktu setempat. Kunjungan tersebut batal terjadi karena kabut tebal yang menghalangi perjalanan helikopter yang semula direncanakan membawa Trump ke sana.

Korsel menjadi salah satu negara tujuan dalam tur 12 hari Trump keliling Asia. Perjalanan tersebut ditujukan untuk menggalang dukungan dan meningkatkan tekanan kepada Korut untuk meninggalkan program nuklirnya dan kembali ke meja perundingan.

BACA JUGA: Dihalangi Kabut Tebal, Kunjungan Rahasia Trump ke Zona Demiliterisasi Korut-Korsel Batal

Sebelum tiba di Korsel, Trump terlebih dahulu singgah di Jepang untuk menemui Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe. Dari Korsel Trump akan melanjutkan perjalanannya ke China, Vietnam dan Filipina sebelum kembali ke AS.  

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini