Image

Ditargetkan Keluarkan 55 Dokumen, KTT Ke-31 ASEAN Juga Bahas Konvensi Hak Migran Besutan Indonesia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 09 November 2017, 13:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 09 18 1811202 ditargetkan-keluarkan-55-dokumen-ktt-ke-31-asean-juga-bahas-konvensi-hak-migran-besutan-indonesia-kqvlwkPThk.jpg Ilustrasi: dok. ASEAN

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat-Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN di Manila, Filipina, pada 13 dan 14 November. Presiden akan ditemani oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Direktur Kerjasama Politik dan Keamanan ASEAN Kemlu, Chandra Widya Yudha menjelaskan, KTT ASEAN kali ini akan membahas beberapa topik penting termasuk ASEAN Community 2025 dan isu-isu regional serta internasional.

"Sesuai dengan kebijakan kita di ASEAN, Implementasi dan konsolidasi community building menjadi fokus utama," kata Chandra dalam Press Briefing Kemlu di Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2017).

Chandra mengimbuhkan, rencananya akan ada 55 outcome document (dokumen keluaran)terkait berbagai isu yang dihasilkan dari KTT ini. "Salah satu dokumen penting yang dihasilkan adalah dokumen terkait hak-hak pekerja migran yang diinisiasi oleh Indonesia," tuturnya.

Selain bersidang, perwakilan negara anggota ASEAN juga akan mengikuti pertemuan dengan negara-negara mitra. Mereka akan membahas isu seputar Laut China Selatan, penanggulangan terorisme, dan Palestina.

Pada KTT ini, ASEAN juga akan melantik Sekretaris Jenderal (Sekjen) barunya, Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam yang akan menggantikan Le Luong Minh dari Vietnam Desember mendatang.

Menlu Retno sendiri akan berada di Filipina sehari sebelum pelaksanaan KTT, pada 12 November, untuk melakukan pertemuan trilateral dengan Menlu Filipina dan Malaysia. Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan trilateral sebelumnya yang membahas isu terkait aktivitas kelompok militan yang juga digelar di Filipina.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini