nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantu Selesaikan Konflik Laut China Selatan, Trump: Saya Penengah yang Baik

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 12 November 2017 16:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 12 18 1812733 bantu-selesaikan-konflik-laut-china-selatan-trump-saya-penengah-yang-baik-pSF65iaTX6.jpg Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Hanoi, Vietnam. (Foto: Reuters)

HANOI – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, siap membantu menyelesaikan konflik persengketaan di Laut China Selatan. Perairan yang sangat sibuk tersebut saat ini memang tengah diperebutkan oleh lima negara di Asia.

"Jika saya dapat membantu menengahi atau melakukan arbitrase, tolong beri tahu saya," kata Trump saat bertemu dengan Presiden Vietnam, Tran Dai Quang, di Hanoi, sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (12/11/2017).

Tak hanya memberikan bantuan, Trump juga turut mengomentari persengketaan yang terjadi di sana. Ia mengakui bahwa posisi Beijing di Laut China Selatan merupakan sebuah masalah.

"Saya adalah penengah dan arbitrator yang sangat baik," katanya.

BACA JUGA: Bertemu di Hanoi, Pemerintah Vietnam-Tiongkok Bahas Solusi Akhiri Konflik Laut China Selatan

Presiden Quang mengatakan, Vietnam percaya perselisihan di Laut China Selatan dapat diselesaikan lewat perundingan damai berdasarkan undang-undang internasional. Sebab, dalam undang-undang tersebut, Vietnam telah membatalkan klaim China atas perairan itu. Vietnam telah merebut kembali tanah di sekitar terumbu karang dan pulau-pulau kecil di sana.

Tak hanya Vietnam, negara-negara yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan juga turut mengklaim memilikinya. Beberapa di antaranya adalah Brunei, Malaysia, Filipina, dan Taiwan.

Sejak Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, merapat ke China, Vietnam muncul sebagai penantang utama Negeri Tirai Bambu untuk mendapatkan wilayah ini. Pada Juli, China bahkan menekan Vietnam untuk menghentikan pengeboran minyak di daerah yang disengketakan.

BACA JUGA: Bertemu Duterte, Xi Jinping Janji Akan Bekerja Sama dengan ASEAN untuk Menjaga Perdamaian di Laut China Selatan

Ketegangan sempat terjadi di antara kedua negara. Namun, hubungan kembali membaik saat Presiden China Xi Jinping mengunjungi Hanoi setelah menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam.

Amerika Serikat memang berusaha mencari jalan keluar dari persengketaan tersebut. Dalam kunjungannya ke China beberapa hari lalu, isu mengenai Laut China Selatan menjadi salah satu yang dibahas oleh Trump dan Presiden China, Xi Jinping. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini