Share

Bertemu di Sela-Sela KTT ASEAN, Jokowi Ucapkan Selamat atas Terpilihnya Kembali PM Abe

Djanti Virantika, Okezone · Senin 13 November 2017 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 13 18 1813305 bertemu-di-sela-sela-ktt-asean-jokowi-ucapkan-selamat-atas-terpilihnya-kembali-pm-abe-7eWpnrIPu2.jpg PM Shinzo Abe dan Presiden Joko Widodo saat bertemu di Jakarta. (Foto: Reuters)

MANILA โ€“ Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Kedua pemimpin negara tersebut mengaku senang dapat bertemu kembali setelah pertemuan terakhirnya pada awal tahun ini.

Presiden Jokowi memanfaatkan pertemuan singkat pada 12 November 2017 di Manila, Filipina ini untuk mengucapkan selamat kepada Abe yang terpilih kembali untuk memimpin Jepang.

โ€œPresiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa di bawah kepemimpinan PM Abe, hubungan kerjasama kedua negara khususnya di bidang ekonomi bisa terus berlanjut,โ€ ujar pihak Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia dalam sebuah rilis yang diterima Okezone, Senin (13/11/2017).

BACA JUGA: Temui Presiden Jokowi Jelang KTT ASEAN, PM Jepang Puji Iklim Investasi Indonesia

Shinzo Abe diketahui kembali terpilih menjadi Perdana Menteri Jepang setelah berhasil mempertahankan dua pertiga suara mayoritas di Majelis Rendah Parlemen pada 22 Oktober 2017. Shinzo Abe meraih 310 kursi dari 465 kursi yang tersedia di Parlemen Jepang. Dengan kemenangan ini, ia dipastikan kembali memimpin Jepang hingga 2021.

Dalam pertemuan itu, PM Abe pun menyampaikan terima kasih atas ucapan selamat yang diberikan Jokowi terkait kemenangannya pada pemilihan di Majelis Rendah beberapa waktu lalu. Tak hanya itu, kembali menyampaikan terima kasih atas keramahan yang diberikan pihak Istana Bogor saat kunjungannya pada Januari 2017.

BACA JUGA: Kembali Jadi Perdana Menteri Jepang, Presiden Trump Ucapkan Selamat ke Shinzo Abe

Selain Jokowi, beberapa pemimpin negara juga mengucapkan selamat atas kemenangan Abe. Salah satunya disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Pertemuan Jokowi dan PM Abe ini diadakan di sela-sela KTT ASEAN. Selain Jokowi dan PM Abe, pertemuan tingkat tinggi itu juga dihadiri beberapa pemimpin negara lainnya, seperti Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

BACA JUGA: Temui Sekjen PBB di KTT ASEAN, Presiden Jokowi Akan Bahas Palestina

Saat menghadiri acara tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi oleh para menteri terkait. Anggota Kabinet Kerja yang mendampingi Jokowi adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita; Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri; Kepala BKPM, Thomas Lembong; dan Dubes RI untuk Filipina, Johny Lumintang. (DJI)

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini