Image

Korban Tewas Gempa Iran-Irak Tembus 400 Orang

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 00:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 13 18 1813501 korban-tewas-gempa-iran-irak-tembus-400-orang-L7s8aUaiIl.JPG Korban tewas gempa Iran-Irak menembus angka 400 orang (Foto: Tasnim News Agency/Reuters)

BAGHDAD/TEHERAN – Wilayah perbatasan antara Irak dengan Iran diguncang gempa berkekuatan 7,2 skala Richter (SR) pada Minggu 12 November malam waktu setempat. Korban tewas saat ini sudah menembus angka 400 orang di wilayah Iran sementara enam orang tewas di Irak.

BACA JUGA: Korban Tewas Capai 332 Orang, WNI di Iran Diimbau Hati-Hati dengan Gempa Susulan

Gempa tersebut juga melukai sedikitnya 6.600 orang. Pejabat setempat mengatakan, korban bisa bertambah mengingat operasi penyelamatan dan pencarian terus dilakukan di wilayah-wilayah terpencil di Iran.

Guncangan gempa terasa di sejumlah wilayah di sebelah barat Iran, tetapi wilayah paling parah terkena dampak adalah Kermanshah. Melansir dari Reuters, Selasa (14/11/2017), lebih dari 300 orang meninggal dunia di Kecamatan Sarpol-e-Zahab di Provinsi Kermanshah, sekira 15 kilometer (km) dari perbatasan dengan Irak.

BACA JUGA: Iran dan Irak Diguncang Gempa 7,2 SR, Korban Tewas Naik Jadi 332 Orang 

Media-media Iran melaporkan, gempa menyebabkan ribuan rumah di beberapa desa yang terbuat dari batu bata porak poranda. Tim SAR memfokuskan pencarian korban di bawah reruntuhan bangunan. Mereka berhasil menyelamatkan seorang perempuan dan bayinya dari balik puing-puing.

Di tengah operasi pencarian, terjadi tanah longsor yang dipicu oleh guncangan gempa. Sedikitnya 14 provinsi di Iran terkena dampak dari gempa tersebut, meski yang terparah tetap berada di Karmanshah yang dihuni sekira 85 ribu penduduk.

Sementara itu di Irak, sedikitnya enam orang tewas dan 68 lainnya luka-luka. Jumlah tersebut menambah total korban tewas di seluruh wilayah Irak mengingat di Kurdistan sudah tujuh orang meninggal dunia dan 325 lainnya luka-luka.

BACA JUGA: Korban Gempa Iran-Irak Bertambah Menjadi 168, Tidak Ada Laporan WNI Jadi Korban 

Pejabat Irak menuturkan, wilayah terdampak gempa paling parah berada di Distrik Darbandikham, dekat perbatasan dengan Iran. Sedikitnya 10 rumah rusak berat dan rumah sakit satu-satunya di distrik tersebut hancur akibat gempa sehingga tidak bisa digunakan merawat korban.

Wilayah Iran dan sebagian Irak diketahui berada di jalur sesar utama sehingga cukup sering mengalami getaran. Gempa dahsyat terakhir yang menyebabkan banyak korban tewas terjadi pada 26 Desember 2003. Guncangan gempa berkekuatan 6,6 SR membuat kota bersejarah Bam luluh lantak dan menewaskan sekira 31 ribu orang.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini