Image

Dokumen Rencana Proyek Tembok Perbatasan AS-Meksiko Bocor, Ini Isinya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 17:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 14 18 1813911 dokumen-rencana-proyek-tembok-perbatasan-as-meksiko-bocor-ini-isinya-dFw5qFsGiP.jpg Foto: Reuters

WASHINGTON - Sejumlah dokumen yang baru dirilis ke publik mengungkap detail rencana pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) terkait pembangunan tembok perbatasan di Lembah Rio Grande, Texas. Sebuah peta yang dibuat oleh Korps Insinyur Angkatan Bersenjata AS pada Mei 2017 menunjukkan bagaimana tembok tersebut akan berdampak pada pemilik tanah dan suaka margasatwa.

Dokumen-dokumen yang didapat di bawah Undang-undang Kebebasan Informasi (Freedom of Information Act/FOIA) dan dipublikasikan oleh Texas Observer menunjukkan rencana pembangunan tembok sepanjang sekira 53 kilometer yang terbagi dalam 15 segmen. Banyak di antara dokumen tersebut ditandai dengan tulisan “jangan diterbitkan di bawah FOIA.”

Tembok tersebut direncanakan akan melintasi setidaknya tiga suaka margasatwa, termasuk Taman Margasatwa Bentsen-Grande Valley State, Suaka Margasatwa Nasional Santa Ana dan Pusat Kupu-kupu Nasional. Salah satu bagian tembok sepanjang 3,6 kilometer akan berdampak pada gereja, pemakaman serta sejumlah rumah. Sedangkan bagian lainnya akan membagi sebuah taman rumah trailer (RV) dan mempengaruhi lebih dari 100 pemilik RV.

Salah satu dokumen menunjukkan sistem pemeringkatan yang digunakan oleh Korps Insinyur Angkatan Darat untuk menentukan tingkat kesulitan membangun setiap segmen. Kriteria didasarkan pada topografi dan hambatan hukum untuk mendapatkan kontrol atas tanah. Kawasan pelestarian dan pemukiman satwa liar ditandai sebagai "yang paling menantang."    

Namun, bagian tembok yang melintasi Suaka Margasatwa Santa Ana dimasukkan dalam kategori “mudah” karena wilayah itu adalah tanah yang dimiliki oleh Pemerintah Federal. Tempat perlindungan tersebut adalah rumah bagi setidaknya 400 spesies burung dan 450 spesies tanaman, termasuk palem Texas Sabal dan ocelot yang terancam punah.

“Dengan tipe konstruksi seperti ini, akan sulit bagi Suaka Margasatwa Santa Ana untuk tetap buka,” kata Pimpinan Tim Daerah Perbatasan Organisasi non-profit, Sierra Club, Scott Nicol sebagaimana dilansir RT, Selasa (14/11/2017).  

Selain wilayah-wilayah yang akan dilalui, dokumen-dokumen tersebut juga menunjukkan desain dari tembok yang akan dibangun dengan fondasi beton dan pagar setinggi 5,5 meter. Bagian tembok di Santa Ana diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar USD45 juta dan akan dibangun pada Juli 2019.

Bagian tembok Santa Ana juga akan mencakup zona penegakan yang akan mengarah ke selatan dinding tanggul. Zona penegakan ini mencakup jalan segala cuaca yang dilengkapi dengan sensor gerak optik bawah tanah.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini