nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siklon Tropis Cempaka, BMKG Prediksi Pengaruhi Sebaran Abu Gunung Agung

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 29 November 2017 08:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 29 337 1822367 siklon-tropis-cempaka-bmkg-prediksi-pengaruhi-sebaran-abu-gunung-agung-O57RPfRJUb.jpg Pihak BMKG menerangkan munculnya siklon Tropis Cempaka. (Foto: Taufik Fajar/Okezone)

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memantau lahirnya siklon (badai) Tropis Cempaka di selatan Pulau Jawa. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, adanya siklon tropis Cempaka dapat memberikan pengaruh terhadap arah abu bila Gunung Agung di Bali meletus.

"Karena ada siklon Cempaka ini bisa mengubah dan bisa menarik ke arah siklon," ujar Dwikorita dalam Diskusi Redbons, di Kantor Redaksi Okezone, Jakarta Pusat, Selasa 28 November 2017.

(Baca: BMKG Deteksi Siklon Tropis 'Cempaka', Waspada Cuaca Ekstrem)

Ia menuturkan bahwa posisi siklon Tropis Cempaka ada di sekitaran Jawa Timur. Jadi bila Gunung Agung meletus maka kemungkinan arah abu vilkanisnya ke selatan barat menuju Banyuwangi.

"Tadinya ke Timur justru ke arah selatan barat. Selain Bali, abu bisa berdamapak juga sampai Banyuwangi. Jadi impact kehadiran siklon terhadap abu Gunung Agung," jelasnya.

(Baca: Siklon Tropis Cempaka, BMKG Sebut Berpotensi Munculkan Angin Puting Beliung)

Adanya siklon Tropis Cempaka ini, lanjut Dwikorita, nantinya menimbulkan hujan di wilayah Indonesia. Akan tetapi bila terjadi hujan di kawasan Gunung Agung nantinya, ia menilai sebuah dampak yang positif untuk membersihkan udara dari abu vulkanis yang dikeluarkan akibat erupsi.

"Artinya, ini sesuatu positif untuk mencuci abu dan membersihkan abu. Tapi kita tidak bisa memastikan berapa lama hujan akan turun," pungkasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini