Image

Soal Khofifah, Istana: Di UU Pilkada Tak Diatur Menteri Nyagub Harus Mundur

Reni Lestari, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017, 18:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 04 337 1825008 soal-khofifah-istana-di-uu-pilkada-tak-diatur-menteri-nyagub-harus-mundur-NygPSmFSb0.jpg Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi (Foto: Ist)

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa resmi memutuskan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Khofifah pun sudah berkirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, isi suratnya masih misteri. Termasuk status Khofifah sebagai menteri harus mundur atau izin cuti selama kampanye.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi Sapto Prabowo, di dalam UU Pilkada tidak disebutkan bahwa menteri harus mundur dari jabatannya ketika mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Bahkan, di dalam Peraturan Kementerian Sekretariat Negara juga tidak diatur.

"Di UU Pilkada sepertinya tidak diatur. Dia hanya mengatur UU Pilkada itu anggota DPR, DPD, DPRD, kalau enggak salah ya," ujar Johan di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/12/2017).

 (Baca Juga: Khofifah: Insya Allah Saya dan Emil Dardak Maju Pilgub Jatim)

Johan Budi menambahkan, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga sudah angkat bicara mengenai posisi Khofifah sebagai menteri dan rencana maju ke Pilgub. Berdasarkan pernyataan Wapres, ada isyarat istana menyetujui Khofifah memilih salah satu, maju ke Pilgub Jatim atau tetap menjadi menteri. Tetapi sekali lagi hal itu sangat tergantung sikap Presiden Jokowi.

"Pak Wapres menyampaikan sebaiknya memilih salah satu. Apakah running di Pilgub, atau tetap jadi Mensos," ujar Johan.

Hingga kini, sambungnya, juga belum ada pertemuan langsung antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Khofifah kendati suratnya sudah ada di meja Presiden. Sementara Khofifah akan menindaklanjuti surat yang disampaikannya dengan menemui langsung Jokowi/

"Memang surat sudah disampaikan melalui Pak Mensesneg, tetapi Pak Presiden belum bertemu secara langsung dengan Bu Khofifah membicarakan tentang hal ini," katanya.

(Baca Juga: Khofifah Maju di Pilgub Jatim, Mensos Baru Harus Punya Jiwa Sosial Tinggi)

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini