nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, 6 Lokasi di Kalimantan Barat Diterjang Angin Kencang

Ade Putra, Jurnalis · Senin 04 Desember 2017 11:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 04 340 1824708 waspada-6-lokasi-di-kalimantan-barat-diterjang-angin-kencang-tATPcSDeV9.jpg Ilustrasi Angin Kencang (foto: Shutterstock)

PONTIANAK - Sebanyak 6 lokasi di kabupaten/kota di Kalimantan Barat saat ini diterjang tiupan angin kencang. Diperkirakan, akan disertai hujan dengan intensitas lebat dan petir.

Prakirawan BMKG Kalimantan Barat, Sutikno menerangkan 6 kabupaten/kota yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem seperti terjadi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai kilat atau guntur petir dan angin kencang itu, terjadi di sebagian wilayah Kota Pontianak dan Singkawang, serta Kabupaten Kubu Raya, Kayong Utara, Mempawah dan Bengkayang.

(foto: Ade Putra/Okeozone)

(Baca Juga: 3 Hari ke Depan, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Sebagian Wilayah Indonesia)

"Diperkirakan akan meluas Kabupaten Ketapang dan Sambas," ujar Sutikno kepada Okezone, Senin (4/12/2017). Dijelaskannya, cukup kuatnya suhu udara beberapa hari terakhir dan kurangnya hujan beberapa hari terakhir menyebabkan proses labilitas udara cukup kuat di pesisir barat Kalbar. Sehingga menyebabkan fenomena angin kencang dan hujan ringan hingga lebat.

(foto: Ade Putra/Okeozone)

Pergerakan awan ini juga diperkirakan akan bisa meluas ke wilayah Kalbar lainnya seperti Kabupaten Landak, Kota Singkawang, Kabupaten Sanggau, Sintang, Melawi hingga Kapuas hulu.

"Kondisi seperti ini diperkirakan masih bisa terjadi untuk dua hari ke depan. Ada potensi angin kencang berdurasi singkat seperti hari ini tadi terutama di pesisir barat Kalbar," terangnya.

Pantauan di lapangan, angin kencang disertai hujan sudah menerjang di kawasan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Barat; Kota Baru dan Purnama, Kecamatan Pontianak Selatan.

"Di Sungai Jawi, tadi ada atap yang terbang. Di Purnama juga hujan dan angin kencang disertai pemadaman listrik," ucap Yohanes, warga Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Barat.

(foto: Ade Putra/Okeozone)

Sementara itu, hasil pendataan BPBD Kota Pontianak, sebuah pohon di depan Kantor Lurah Parit Mayor, Kecamatan Pontianak Timur tumbang. Begitu juga di Kota Baru, pohon tumbang menimpa kabel listrik dan becak. "Kami masih mendata," ujar Aswin Taufik, Kepala BPBD Kota Pontianak. (Baca Juga: Bencana Melanda Indonesia, Pengungsi Mencapai 3 Juta Jiwa)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini