Image

Hari Pertama BDF X, Menlu Retno Jalani 10 Pertemuan Bilateral

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 15:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 18 1826722 hari-pertama-bdf-x-menlu-retno-jalani-10-pertemuan-bilateral-JWswzZAFqK.jpg Menlu Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Urusan Politik dan Parlemen Yordania, Musa Habes Musa Maaytah (Foto: Kementerian Luar Negeri RI/Twitter)

SERPONG - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dijadwalkan melakukan 10 pertemuan bilateral di hari pertama penyelenggaraan Bali Democracy Forum ke-10 di International Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten.

BACA JUGA: Buka BDF X 2017, Menlu Retno Sampaikan Dukungan untuk Palestina

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kementerian Luar Negeri RI, Menlu akan bertemu dengan menteri atau pejabat setingkat menteri dari Yordania, Timor Leste, Qatar, Tunisia, Madagaskar, Singapura, Myanmar, Turkmenistan dan Sri Lanka. Selain pertemuan tersebut, Menlu RI juga akan melakukan pertemuan dengan direktur jenderal organisasi internasional Melanesian Spearhead Group.

BACA JUGA: Puji BDF X, Ini Pesan Presiden Nauru untuk Demokrasi

Di antara rangkaian pertemuan bilateral tersebut, pembicaraan antara Menlu Retno dengan Menteri Urusan Politik dan Parlemen Yordania, Musa Habes Musa Maaytah akan menarik perhatian sehubungan dengan pengakuan status Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel oleh Amerika Serikat (AS). Pertemuan lainnya dengan Penasihat Kemanan Myanmar, Thang Tun juga dirasa akan membahas isu yang sedang panas saat ini.

BACA JUGA: Ini Hasil 14 Pertemuan Bilateral Menlu di Bali Democracy Forum

Jumlah pertemuan bilateral tersebut lebih sedikit bila dibandingkan dengan gelaran BDF ke-9 di Nusa Dua, Bali, pada Desember 2016. Menlu Retno saat itu menjalani maraton 14 pertemuan bilateral dengan menteri luar negeri atau pejabat setingkat menteri dan duta besar negara-negara sahabat.

BACA JUGA: Diikuti 103 Delegasi, BDF X 2017 Resmi Dibuka

BDF X akan berlanjut sampai 8 Desember dengan agenda site visit ke beberapa lokasi di Ibu Kota Jawa Barat, Bandung. Sebagaimana diketahui, gelaran BDF kali ini digelar di BSD City sebagai dampak dari erupsi Gunung Agung di Bali. Meski demikian, ratusan delegasi peserta tetap antusias mengikuti setiap rangkaian.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini