Image

Gempa Lebong Rusak Ratusan Rumah, 41 KK di Dua Kecamatan Mengungsi

Demon Fajri, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 16:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 340 1826809 gempa-lebong-rusak-ratusan-rumah-41-kk-di-dua-kecamatan-mengungsi-lYJlbKTkDA.jpeg

BENGKULU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu menghitung, tidak kurang dari 41 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Lebong Atas dan Kecamatan Pelaba, mengungsi.

Puluhan KK itu mengungsi, lantaran rumah mereka mengalami rusak berat usai digoyang gempa tektonik, berkekuatan 5,0 SR pada Rabu 6 Desember 2017, sekira pukul 03.46 WIB.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Lebong, Fakrurozi mengatakan, warga di dua kecamatan itu mengungsi lantaran rumah milik mereka mengalami rusak berat dan tidak layak huni.

(Baca Juga: Gempa Lebong, Rumah Penduduk hingga Markas Koramil Alami Kerusakan)

Adapun warga yang mengungsi, terang Fakrurozi, di Kecamatan Lebong Atas sebanyak 36 KK dan 5 KK di Kecamatan Pelabai, dengan total secara keseluruhan sebanyak 41 KK.

"36 unit rumah di Lebong Atas rumah berat dan 5 unit rumah di Kecamatan Pelabai juga mengalami rusak berat. Sehingga mereka mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Fakrurozi, saat dikonfirmasi via telefon, Kamis (7/12/2017).

Fakrurozi menghitung, dampak gempabumi dengan koordinat episenter pada 3,18 Lintang Selatan (LS) dan 102,11 Bujur Timur (BT) pada Rabu 6 Desember 2017, di Kecamatan Lebong Atas, sebanyak 36 unit rumah mengalami rusak berat. Kemudian, 77 unit rumah mengalami rusak sedang dan 105 rumah mengalami rusak ringan.

"Total kerusakan, di Kecamatan Lebong Atas sebanyak 218 unit (rumah rusak)," terang Fakrurozi.

(Baca Juga: BMKG Jelaskan Pemicu Terjadinya Gempa Tektonik di Bengkulu)

Sementara, di Kecamatan Pelabai, rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 5 unit, rusak sedang 2 unit dan ringan 22 unit. Sehingga total kerusakan di Kecamatan Pelabai sebanyak 29 unit.

"Total kerusakan dari berat, sedang dan ringan di dua kecamatan mencapai 247 unit. Itu termasuk sarana pendidikan dan sarana ibadah," jelas Fakrurozi.

Fakrurozi menyampaikan, puluhan warga yang mengungsi lantaran bangunan rumah mereka tidak layak huni. Sehingga mereka mengungsi ke rumah sanak sanak saudara. Bahkan, ada warga yang mendirikan tenda di samping rumah mereka yang mengalami kerusakan.

"Kita juga sudah menyalurkan bantuan. Mulai dari terpal, makanan siap saji, peralatan mandi dan pakaian," ujar Fakrurozi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini