nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilkada Dairi Sumut, Masyarakat Tolak Politik Dinasti

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017 15:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 340 1827042 pilkada-dairi-sumut-masyarakat-tolak-politik-dinasti-haJlYlzRVs.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Indonesia Network Election Survey (INES) merilis hasil survei mengenai elektabilitas tokoh menjelang dilaksanakannya Pilkada Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. Hasilnya, nama Eddy KA Berutu mengungguli kandidat lainnya.

Berdasarkan hasil pra penelitian INES di media massa dan media sosial, sejumlah nama tokoh yang masuk dalam bursa kontestasi, di antaranya Depriwanto Sitohang, Eddy KA Berutu, Parlindungan Sinaga, Bukit Tambunan, Nikson Silalahi dan Sabar Panggabean.

Direktur Eksekutif INES, Chaeeudin Affan mengatakan masyarakat Kabupaten Dairi menolak adanya politik dinasti, di mana anak Bupati Dairi Depriwanto Sitohang juga maju sebagai bakal calon Bupati Dairi.

Lantas, siapakah yang akan berpeluang memimpin Kabupaten Dairi 2018 mendatang? Dari temuan surevei INES, ternyata sosok Eddy KA Berutu punya potensi yang sangat besar untuk terpilih sebagai Bupati Dairi.

Hal ini disebabkan masyarakat Dairi ingin ada tokoh baru yang bisa membawa perubahan bagi kehidupan ekonomi masyarakat Dairi. Saat para responden ditanyakan, soal sejauh mana kenal dengan tokoh yang akan maju Pilkada. Didapatkan jawaban responden tertinggi menyatakan mereka tahu atau mengenal Depriwanto Sitohang sebanyak 68,3 persen.

Selanjutnya ada nama Eddy KA Berutu yang dikenal oleh 66,7 persen responden disusul oleh Bukit Tambunan yang dikenal oleh 62,4 persen responden. Kemudian Parlindungan Sinaga yang dikenal oleh 60,3 persen responden, Nikson Silalahi 58,4 persen responden dan terakhir ada nama Sabar Panggabean yang dikenal oleh 55,6 persen responden.

Namun ketika ditanya tentang siapakah tokoh yang paling bisa diterima masyarakat, secara mengejutkan Eddy KA Berutu muncul sebagai tokoh yang paling bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat Kabupaten Dairi dengan 76,4 persen responden.

Selanjutnya nama Parlindungan Sinaga dengan 61,2 persen responden, disusul Depriwanto Sitohang dengan 57,4 persen responden. Bukit Tambunan 56,2 persen responden, Sabar Panggabean 54,1 persen, Nikson Silalahi dengan 52,4 persen responden.

Untuk tingkat elektabilitas calon bupati dengan pertanyaan terbuka, 'siapakah yang akan anda pilih jika pemilihan Bupati Dairi diadakan hari ini', lagi-lagi nama Eddy KA Berutu mendapatkan suara terbanyak dengan 33,7 persen suara responden, yang disusul oleh Depriwanto Sitohang dengan 21,2 persen suara responden, Parlindungan Sinaga dengan 10,5 persen suara responden, Bukit Tambunan 9,6 persen, Nikson Silalahi 4,3 persen dan terakhir Sabar Panggabean 7,4 persen, sedangkan responden yang belum memilih 13,3 persen responden.

Sedangkan dalam pertanyaan tertutup melalui kuisioner, Eddy KA Berutu mendapatkan kenaikan suara sebesar 3,5 persen menjadi 37,2 persen suara responden. Depriwanto Sitohang turun menjadi 20,7 persen, sementara Parlindungan Sinaga naik menjadi 11,8 perrsen. Kemudian Bukit Tambunan 9,4 persen, Nikson Silalahi 4,1 persen dan Sabar Panggabean 6,2 persen sedangkan yang belum memilih sebanyak 10,6 persen.

"Dengan hasil tersebut, bisa dipastikan, Eddy termasuk tokoh yang paling berpeluang menjadi pemimpin Kabupaten Dairi 2018 mendatang," kata Chaeeudin, Kamis (7/12/2017).

Dalam survei kali ini, INES melibatkan 1.220 responden dari populasi jumlah penduduk Kab Dairi sebanyak 279.090 jiwa dengan margin of Error +/- 2.8 persen, dan tingkat Kepercayaan 95 persen. Pengambilan sampel sebagai respoden dalam survei jajak pendapat Kabupaten Dairi mengunakan metode Multistage Random sampling yang tersebar secara proposional di 10 Kecamatan di Kab Dairi.

Survei ini dilakukan dengan mengunakan wawancara melalui telepon kepada sebanyak 990 responden dan selebihnya mengunakan kuisioner tertutup melalui tatap muka dengan surveyor, yang dilakukan pada 22-November-1 Desember 2017.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini