Share

Bahas Yerusalem dan Bela Palestina, Menlu Retno Terbang ke Yordania

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Minggu 10 Desember 2017 20:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 10 18 1828194 bahas-yerusalem-dan-bela-palestina-menlu-retno-terbang-ke-yordania-UzLuMTZXN5.jpg Menlu Retno Marsudi bertolak ke Yordania. (Foto: Twitter Kemlu)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia (RI), Retno Marsudi bertolak ke Yordania untuk melakukan pertemuan bilateral. Menlu Retno rencananya akan berjumpa dengan Menlu Palestina, Riyad Al Maliki, dan Menlu Yordania, Ayman Safadi.

Para pejabat tinggi negara itu rencananya akan membahas masalah Yerusalem. Kunjungan Menlu Retno ini merupakan bentuk dukungan penuh Indonesia terhadap rakyat Palestina. Informasi ini diumumkan melalui Twitter resmi Kementerian Luar Negeri yang diposting pada Minggu (10/12/2017).

BACA JUGA: Telefon Jokowi Bahas Yerusalem, Presiden Turki: Kita Harus Yakinkan Amerika Serikat untuk Menarik Keputusannya

Sebagaimana diketahui, Indonesia turut mengecam keputusan Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Selain melakukan pertemuan bilateral, Menlu Retno Marsudi juga dijadwalkan akan membahas persiapan KTT Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang akan digelar pada 13 Desember di Istanbul, Turki.

Langkah Pemerintah AS secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel telah memicu kemarahan dunia dan menyebabkan kekisruhan terutama di kawasan Timur Tengah. Presiden Joko Widodo sendiri menyebut, bahwa keputusan AS itu telah melanggar berbagai resolusi di PBB.

BACA JUGA: Minta AS Cabut Keputusan soal Yerusalem, Respons Jokowi Diapresiasi

Jokowi juga telah meminta kepala negara Paman Sam mencabut keputusannya tersebut. Menlu Retno sebelumnya, menkankan pentingnya untuk mewujudkan perdamaian antara Palestina dan Israel dengan mendorong tercipta solusi dua negara Palestina-Israel.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini