nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kelaparan, Tapir Masuk ke Pemukiman Warga

Erie Prasetyo, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 03:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 19 340 1832480 kelaparan-tapir-masuk-ke-pemukiman-warga-iyU2AJOgxW.jpg Tapir yang diamankan warga (foto: Erie/Okezone)

MEDAN - Diduga kelaparan, seekor tapir mencari makan hingga masuk ke pemukiman warga di Kelurahan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara pada Senin (18/12/2017).

Masuknya hewan dilindungi dengan nama latin Tapirus Indicus itu membuat heboh warga disana. Hewan itu diduga keluar dari hutan untuk mencari makan di pemukiman warga.

Hewan dengan motif warna hitam putih dengan berat sekira 200 Kg tersebut, berhasil ditangkap Frengki Samosir (28), warga setempat menggunakan jerat.

Frengki mengaku melihat hewan itu berkeliaran di depan rumahnya sekira pukul 04.00 WIB. Bersama ayahnya, ia kemudian menjerat hewan tersebut menggunakan tali.

“Mungkin tapirnya kelaparan. Tapir itu merusak tanaman di belakang rumah, maka kami tangkap menggunakan tali,” kata Frengki.

Setelah berhasil ditangkap, tapir tersebut dibawa ke lokasi Pembibitan Ternak dan Puskeswan milik Dinas Perkebunan dan Perternakan Pemkab Labuhanbatu Selatan di Desa Pekan Tolan untuk mendapatkan perawatan.

Seorang tenaga medis Puskeswan, drh Harun Harahap, mengatakan, tapir tersebut diberi obat untuk memulihkan sejumlah luka di tubuhnya. Hewan yang tampak kelaparan itu, juga diberi makanan.

"Kita sudah beri pengobatan juga makanan untuk tapir itu. Pemkab tidak memiliki lokasi untuk penangkaran hewan tersebut. Petugas BKSDA kabarnya sudah dalam perjalanan,” kata drh Harun.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini