Share

Perahu Imigran Tenggelam di Libya, 8 Orang Tewas

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Minggu 07 Januari 2018 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 07 18 1841308 perahu-imigran-tenggelam-di-libya-8-orang-tewas-hJqyPDB0Q2.jpg Perahu imigran. (Foto: Getty Images)

TRIPOLI - Sedikitnya delapan orang tewas dan 86 lainnya berhasil diselamatkan dari sebuah perahu karet yang tenggelam di Laut Mediterania di Libya. Perahu karet yang tenggelam tersebut diketahui mengangkut para imigran dan ditemukan oleh penjaga pantai Italia.

Hingga berita ini diturunkan, para petugas masih terus melakukan pencarian korban selamat di perairan internasional di lepas pantai Libya. Guna memudahkan proses tersebut, sebuah pesawat patroli, kapal penjaga pantai dan laut Italia dikerahkan.

 

BACA JUGA: Kapal Imigran Tenggelam saat Menyeberang dari Turki ke Yunani, 3 Orang Tewas dan 6 Hilang

Berdasarkan keterangan seorang petugas, Sergio Liardo perahu karet tenggelam karena kekuarangan angin dan mengempis.

"Sepertinya perahu itu mengempis akibat sebuah tusukan. Kami hingga kini terus berjuang mencari korban selamat" ujar Liardo sebagaimana diwartakan oleh The Guardian, Minggu (7/1/2018).

Saat para petugas tiba di lokasi, diketahui terdapat sekira 20 orang yang masih bertahan di atas sampan, sementara lainnya telah tercebur ke laut. Para korban diketahui telah menghabiskan waktu berjam-jam di dalam air sebelum diselamatkan. Perahu karet itu sendiri diperkirakan mengangkut total 150 orang.

BACA JUGA: 21 Imigran Tewas di Laut Hitam Akibat Perahu Terbalik

Operasi pencarian juga dibantu oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) Proactiva Open Arms. Kelompok kemanusiaan asal Spanyol itu diketahui merupakan satu dari sedikit LSM yang masih mengoperasikan kapal penyelamatan di perairan Libya.

Otoritas Libya sendiri tidak bergabung dalam upaya penyelamatan tersebut karena perahu tenggelam di perairn internasional dan tidak memungkinkan petugas dari Libya untuk segera melakukan penyelematan. Para imigran diduga kuat tengah berupaya untuk masuk ke wilayah Italia.

Sekira 119 ribu migran tiba di Italia dari seberang Laut Tengah pada 2017 dan menurut Organisasi Migrasi Internasional, lebih dari 3.100 orang meninggal dalam perjalanan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini