Menhan AS Bahas Palestina dengan Menlu Retno di Jakarta

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 22 Januari 2018 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 22 18 1848737 menhan-as-bahas-palestina-dengan-menlu-retno-di-jakarta-fvSDqbUkY3.jpeg Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, menyambut kedatangan Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Foto: Wikanto Arungbudoyo/Okezone)

JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS), James Norman ‘Jim’ Mattis, tiba di Indonesia. Pria berjuluk si anjing gila itu langsung menuju Kementerian Luar Negeri RI di kawasan Pejambon, Jakarta Pusat, untuk menemui Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi.

BACA JUGA: Pemerintah Bersiap Sambut Kunjungan Menhan AS ke Indonesia 

Tiba sekira pukul 19.45 waktu Indonesia Barat (WIB), Mattis langsung melakukan pertemuan tertutup dengan Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila. Dalam pertemuan tersebut, sejumlah isu diangkat oleh Menlu Retno, salah satunya adalah terkait Palestina.

“Saya sampaikan kembali isu Palestina bahwa Palestina adalah selalu ada dalam pikiran Indonesia. Isu tersebut sangat mendapatkan perhatian dari masyarakat Indonesia. Kita sangat menyesalkan adanya pengumuman tersebut. Saya sampaikan juga posisi Indonesia mengenai solusi dua negara di mana Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina,” ujar Menlu Retno kepada awak media di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

Diplomat kelahiran Semarang itu juga mengangkat isu rencana pemotongan dana bantuan AS terhadap Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Menlu Retno menyampaikan kepada Jim Mattis agar Amerika Serikat sekiranya dapat mempertimbangkan kembali rencana pemotongan dana bantuan.

“Kita meminta agar rencana AS untuk mengurangi bantuan UNRWA dapat dipertimbangkan kembali. Saya juga sampaikan agar fokus untuk pendidikan dan kesehatan dan juga keperluan wanita dan anak-anak tetap dipelihara sehingga tidak akan terkena dampak pemotongan tersebut,” sambung Menlu Retno.

BACA JUGA: Indonesia Prihatin Dana Bantuan Palestina Dipotong AS

BACA JUGA: Menhan AS Jim Mattis Kunjungi Indonesia 22-24 Januari 

Ia menambahkan, kunjungan Menteri Pertahanan Jim Mattis itu merupakan wujud dari komitmen AS untuk meningkatkan kerjasama dengan Indonesia dalam rangka kemitraan strategis. Selain berbicara mengenai Palestina, keduanya juga berupaya menyampaikan posisi masing-masing dalam isu di kawasan.

“Saya melakukan komunikasi banyak sekali dengan pejabat Amerika pekan lalu, misalnya dengan Menlu (Rex Tillerson), penasihat (Presiden AS) Trump, dan besok ada pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS tiba di Indonesia. Ini semua untuk memelihara habit of dialogue. Komunikasi terus dilakukan. AS juga mengapresiasi peran yang dilakukan Indonesia di kawasan,” tutup Menlu Retno.

BACA JUGA: Kunjungi Indonesia, Menhan AS Akan Bahas Modernisasi Alutsista 

Menteri Pertahanan Jim Mattis dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada 22-23 Januari. Pria berusia 67 tahun itu akan bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahtjanto.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini