Share

Menhan AS Terpukau Aksi Prajurit TNI Minum Darah Ular

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 24 Januari 2018 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 24 18 1849606 menhan-as-terpukau-aksi-prajurit-tni-minum-darah-ular-cxOOXacfnr.jpg Menteri Pertahanan AS James Mattis bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Tentara Nasional Indonesia/AFP)

JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) unjuk kebolehan di depan Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS), James Norman ‘Jim’ Mattis. Sejumlah anggota TNI memperlihatkan atraksi minum darah ular, berguling di pecahan kaca, memecahkan batu bata dengan kepala, berjalan di atas bara api, dan berbagai aksi lainnya di Markas Besar TNI, Cilangkap.

Mattis memang biasa melihat demonstrasi militer ketika berkunjung ke sebuah negara. Jika biasanya disambut dengan aksi-aksi seperti menyelamatkan sandera, pertunjukan di Mabes TNI kali ini bisa dikatakan lebih menghibur.

BACA JUGA: Menhan: James Mattis Akan Cabut Larangan Masuk AS bagi Kopassus

James Mattis sangat terpukau dengan atraksi meminum darah ular yang dilakukan prajurit TNI. Aksi dimulai dengan sejumlah prajurit yang membawa kantong berisi ular kobra yang kemudian dibiarkan merayap di tanah, beberapa meter dari tempat Menteri Pertahanan AS itu berdiri.

Sejumlah ular, termasuk seekor King Cobra, mengembangkan lehernya dan siap untuk mematuk. Para prajurit TNI kemudian memotong kepala ular-ular itu dan saling meminumkan darah. James Mattis terlihat sangat menikmati atraksi itu dan memuji latihan yang dijalani para prajurit TNI.

“Ular-ular itu! Apakah Anda melihat cara mereka membuat ular-ular itu lelah dan kemudian menangkapnya? Cara itu membuat ular-ular tersebut cepat lelah,” ujar James Mattis kepada para wartawan dalam penerbangan menuju Vietnam, melansir dari Reuters, Rabu (24/1/2018).

“Atraksi itu menunjukkan intensitas latihan dari anggota TNI. Anda bisa bayangkan berapa banyak latihan yang dilakukan setiap individu hingga mereka bisa melakukan atraksi-atraksi itu. Ketika Anda melihat pasukan melakukan seperti itu, banyak hal-hal kecil, dilakukan dengan sempurna, Anda juga bisa membayangkan mereka melakukan hal-hal besar bersama-sama,” tutup pria berjuluk Si Anjing Gila itu.

BACA JUGA: Menhan AS Bahas Palestina dengan Menlu Retno di Jakarta 

BACA JUGA: Jokowi Terima Menhan AS Jim Mattis di Istana Merdeka 

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, tiba di Indonesia pada Senin 22 Januari dan langsung bertolak menuju Kementerian Luar Negeri untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Pria asal Washington itu kemudian melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu serta Presiden Joko Widodo pada 23 Januari.

Follow Berita Okezone di Google News

(war)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini