nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah 23 Hari 29 ABK KM Mega Top Hilang di Laut

Erie Prasetyo, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 10:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 26 340 1850501 sudah-23-hari-29-abk-km-mega-top-hilang-di-laut-P09rRCj6Qc.jpg Ilustrasi kapal hilang kontak

MEDAN – Sudah 23 hari sebanyak 29 nelayan yang merupakan anak buah kapal (ABK) KM Mega Top III asal kota Sibolga, Sumatera Utara, hingga kini tak juga ditemukan.

Kapal penangkap ikan itu sudah hilang selama lebih dari 3 minggu, terhitung sejak hilang kontak pada 3 Januari 2018. Jerit tangis, pengharapan, dan desakan dari pihak keluarga serta lintas instansi dan tokoh dari Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah agar pencarian dilakukan secara maksimal terus mengalir.

KN SAR Nakula milik Basarnas yang diterjunkan sejak 14 Januari lalu juga lebih banyak menghabiskan waktu bersandar di Pelabuhan Gunung Sitoli.

Korpos SAR Sibolga, Adlin Buyung Nasution mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan dan monitoring dalam pencarian kapal nahas itu.

“Sesuai instruksi agar mereka melakukan pemantauan dan observasi, dan nyandar di Pelabuhan Gunung Sitoli,” kata Buyung, Jumat (26/1/2018).

(Baca Juga: KM Mega Top Berawak 29 Orang Sudah 13 Hari Hilang Kontak)

Buyung menjelaskan, sebenarnya kapal pencari mengalami kendala. Mereka juga masih berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencari KM Mega Top.

“Kapal mesin yang bisa digunakan cuma satu. Kalau rekam pencarian, ya itu silakan ditanya langsung ke Kapten Kapal,” kata Buyung.

Sementara itu, Pengawas Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan PPN Sibolga, Boris Simanjuntak menyebutkan, monitor terakhir pihaknya kapal tersebut berada di luar Zona Tangkap Eksklusif (ZTE) Indonesia.

“Monitor terakhir di sekitar 8 nautical mile sebelah barat Samudra Hindia,” kata Boris.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini